Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

SAN FRANSISCO: Mike Daisey—seorang monologist Amerika, penulis, dan aktor terkenal karena monolog panjangnya yang tanpa persiapan—tersandung masalah terkait dengan pemasok produk Apple.
 
Program radio mingguan This American Life mencabut laporan tentang kondisi pekerja China yang membuat produk Apple Inc, dengan mengatakan siaran itu mengandung kesalahan dan rekayasa.
 
Ira Glass, host sekaligus produser eksekutif acara itu, menyatakan mereka tidak dapat menjamin kebenarannya, dan mengakui ada kesalahan dalam kisah yang dibawakan.
 
Siaran, yang pertama kali ditayangkan 6 Januari, fokus pada kondisi kerja di Foxconn Technology Group, yang memproduksi produk untuk Apple dan pembuat elektronik lainnya.
 
Menurut Glass, cerita yang berpusat pada sebuah monolog oleh Mike Daisey mengandung pernyataan yang kemudian diperdebatkan dan terbukti dipalsukan.
 
"Daisey berbohong kepada saya dan produser This American Life Brian Reed selama kami memeriksa fakta pada cerita itu," kata Glass. Dia mengakui pihaknya turut bersalah dengan mengudarakan cerita Daisey itu.
 
Menurut Wikipedia, Daisey telah menciptakan monolog tentang Nikola Tesla, L. Ron Hubbard, Steve Jobs dan rantai pasokan Apple di China, 9/11, penemu bom neutron , Wal-Mart dan berbagai topik lainnya.
 
Ia tersandung setelah memicu kontroversi ketika diketahui bahwa bagian dari The Agony and Ecstasy of Steve Jobs tidak menggunakan standar jurnalistik, bahkan saat monolog itu disebarluaskan Public Radio International.
 
Dalam tanggapannya, Daisey bilang  “Saya tetap berteguh pada pekerjaan saya.” Dia menambahkan bawa “This American Life” dasarnya jurnalistik, bukan teatrikal.
 
Daisey menyatakan penyesalan bahwa dirinya diizinkan menyiarkan monolog dalam acara itu dan mengakui tindakannya bukanlah jurnalisme.
 
Cerita Daisey berpusat pada kondisi kerja di pabrik yang membuat produk yang dijual oleh Apple dan produsen elektronik lainnya. Dia mengutip kasus bunuh diri karyawan sebagai contoh tentang berbahayanya kondisi pabrik. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Bloomberg / Taufikul Basari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper