Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPPU dipimpin Tadjudidn Noer Said & Yoyo Arifardhani

JAKARTA: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menunjuk Tadjudidn Noer Said dan Yoyo Arifardhani sebagai ketua dan wakil lembaga tersebut sampai terpilihnya komisioner untuk periode lima tahun ke depan.Hal tersebut diungkapkan komisoner KPPU, Ana Maria

JAKARTA: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menunjuk Tadjudidn Noer Said dan Yoyo Arifardhani sebagai ketua dan wakil lembaga tersebut sampai terpilihnya komisioner untuk periode lima tahun ke depan.Hal tersebut diungkapkan komisoner KPPU, Ana Maria Tria Anggraini saat dihubungi Bisnis, hari ini. Dia mengatakan penunjukan tersebut telah dilakukan dalam rapat komisioner yang dilakukan kemarin.“Mereka [Ketua dan wakil KPPU yang baru] telah dipilih dalam rapat komisioner kemarin petang,” katanya hari ini 18 Januari 2012.Ana mengatakan pemilihan ketua dan wakil KPPU merupakan agenda rutin yang dilakukan lembaga persaingan tersebut setiap tahunnya. Dia menjelaskan pemilihan tersebut dilakukan secara musyawarah yang diikuti seluruh anggota komisioner.“Akhirnya ketua dan wakil ini terpilih setelah kami [komisioner] musyawarah selama 2 hari. Jabatan tersebut efektif mulai hari ini,” jelasnya.Menurut Ana, jabatan ketua dan wakil tersebut akan berlangsung sampai terpilihnya komisioner yang baru.Sebelumnya, jabatan ketua dan wakil KPPU diisi oleh Nawir Messi dan Sukarmi. Seperti diketahui, belum lama ini Presiden memutuskan memperpanjang masa jabatan komisioner KPPU periode 2006-2011 hingga terpilihnya komisoner untuk periode lima tahun kedepan.Masa jabatan komisioner KPPU periode 2006-2011 telah berakhir pada 12 Desember. Namun, sampai saat ini belum ada penunjukan dari presiden terkait siapa saja yang akan menjadi anggota Komisi untuk periode lima tahun ke depan.Fit and proper test Komisioner KPPU diikuti puluhan peserta yang mencalonkan diri termasuk didalamnya yakni komisioner yang menjabat untuk periode 2006-2011. Berdasarkan pengumuman uji publik terhadap calon anggota Komisioner yang dilansir dari situs KPPU mereka adalah Nawir Messi, Sukarmi, Tresna P. Soemardi.Panitia seleksi pemilihan calon anggota KPPU resmi dibentuk Presiden Susilo Bambang sejak Juli 2011. Pansel tersebut akan melakukan seleksi terhadap calon anggota Komisioner menggantikan Komisioner KPPU periode 2006-2011 yakni Didik Akhmadi, AM Tri Anggraini, Yoyo Arifardhani, Tadjudidn Noer Said, Benny Pasaribu, Sukarmi, Nawir Messi, Tresna P Soemardi, Dedie S Martadisastra, dan Erwin Syahril. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper