Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samsung gandeng Esia dan Smartfren

JAKARTA: Samsung Electronics Indonesia menggandeng dua operator CDMA yakni Esia dan Smartfren dalam peluncuran perdana ponsel cerdas Galaxy Y SCH-i509 di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.Samsung Galaxy Y CDMA memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan

JAKARTA: Samsung Electronics Indonesia menggandeng dua operator CDMA yakni Esia dan Smartfren dalam peluncuran perdana ponsel cerdas Galaxy Y SCH-i509 di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.Samsung Galaxy Y CDMA memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan versi GSM yang telah diluncurkan sejak bulan lalu. Samsung membenamkan sistem operasi Android 2.3.6 Gingerbread dengan layar sentuh berukuran 3 inci (QVGA). Smartphone ini juga dibekali kamera belakang beresolusi 2 megapiksel.Bedanya, Galaxy Y CDMA diperkuat prosesor Snapdragon 600 MHz BCM2 1552 dan mengandalkan jaringan EVDO 3,1 Mbps. Ponsel ini telah dibekali kapasitas memori internal 160 MB dan MicroSD berukuran 2GB sebagai akses transfer dan simpan data.Managing Director PT Samsung Electronics Indonesia Yoo Young Kim mengatakan Galaxy Y merupakan smartphone berbasis Android pertama milik Samsung yang menggunakan jaringan CDMA.Menurutnya, pengguna ponsel ini akan diberikan kemudahan koneksi data dan internet melalui jaringan EVDO berkekuatan 3,1 Mbps.Kim mengungkapkan Samsung membidik segmen pasar pelajar di Indonesia berbekal harga promo spesial selama periode peluncuran 19-20 November. Galaxy Y CDMA diobral Rp 999.000 dari banderol normal Rp 1,2 juta.Samsung berharap bisa mendongkrak penjualan Galaxy Y di Indonesia sekaligus menegaskan status sebagai pemimpin pasar smartphone berbasis Android di dunia."Indonesia merupakan pasar potensial bagi Samsung," ujarnya pada jumpa pers, Sabtu 19 November.Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengungkapkan Smartfren tertarik membundel Galaxy Y CDMA karena pasar di Indonesia tengah menggandrungi aktivitas komunikasi data dengan fitur tatap muka melalui sistem operasi Android."Sistem operasi Android telah memikat banyak konsumen di Indonesia," ungkapnya.Smartfren, ujarnya, menyediakan paket data unlimited dengan quota sebesar 2 GB selama 30 hari. Pelanggan juga dapat menikmati kecepatan unduh data hingga 3,1 Mbps.Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk Erik Meijer mengatakan Esia menyediakan akses data gratis selama enam bulan. Pelanggan Esia, serunya, dapat memilih paket data unlimited yang terbagi dalam tiga kategori yakni harian, mingguan, dan bulanan.Menurut Erik, kemitraan dengan Samsung merupakan apresiasi atas kesuksesan Samsung menguasai 79% pangsa pasar smartphone bersistem operasi Android di Indonesia."Tren peningkatan pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat hingga 12% setiap bulan. Kami perlu reaktif membidik peluang yang ada,"katanya. (Surya Mahendra Saputra/ea) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper