Program murah untuk rakyat

Komitmen pemerintah untuk memperhatikan rakyat kecil kembali terbukti. Tahun depan pemerintah akan menyiapkan dana Rp5,3 triliun untuk membiayai enam program murah.
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 30 Mei 2011  |  15:49 WIB

Komitmen pemerintah untuk memperhatikan rakyat kecil kembali terbukti. Tahun depan pemerintah akan menyiapkan dana Rp5,3 triliun untuk membiayai enam program murah.

Enam program murah itu adalah rumah murah, angkutan umum murah, program air bersih, program listrik murah, program peningkatan kehidupan nelayan, dan program peningkatan kehidupan masyarakat pinggiran kota. Kemudian, program ini menyasar pada tiga kelompok sasaran yaitu nelayan, masyarakat pinggiran kota, dan masyarakat di daerah tertinggal.

Bentuk komitmen pemerintah itu disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa beberapa hari lalu. Adapun rencana perwujudan dana itu akan dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2012.

Fokus program ini meliputi tiga kelompok sasaran yaitu nelayan, masyarakat pinggiran kota, dan masyarakat di daerah tertinggal. Pada kelompok nelayan program yang akan direalisasikan adalah pembangunan rumah murah dan sangat murah atau memperbaiki rumah.

Pemerintah menjelaskan bila para nelayan memilih rumah sangat murah, mereka bisa mendapatkan dan pinjaman Rp11 juta. Kalau pilihannya adalah perbaikan rumah, mereka mendapatkan pinjaman Rp6 juta.

Itulah bentuk perwujudan pemerintah dalam memperhatikan rakyatnya. Program dari pemerintah ini semoga dapat dimanfaatkan oleh pihak yang menjadi sasaran program ini.

Ali Rahman, Jl. Raya Bekasi KM 23 No.25, RT 002 RW 01, Cakung, Jakarta Timur 13910

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top