Irene masih pimpin kualifikasi dunia

Olahraga
Muhammad Sarwani
Muhammad Sarwani - Bisnis.com 27 Mei 2011  |  15:15 WIB

Olahraga

27 Mei 2011

Oleh Mulia Ginting Munthe

Bisnis Indonesia

JAKARTA: Pecatur terbaik putri Indonesia Indonesia GM Irene Kharisma Sukandar belum terkalahkan hingga babak kelima kejuaraan catur babak kualifikasi Piala Dunia 2011 Zona 3.3 Asia yang tengah berlangsung di Tagaytay City, Filpina.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem dari Filipina, melaporkan kepada Bisnis bahwa meski sempat ditahan lawan bermain imbang pada babak keempat, namun pada babak kelima hari ini mencetak kemenangan dan masih memimpin perolehan nilai.

Pada babak kelima, hari ini, Irene kembali mencetak kemenangan dengan menundukkan pecatur Vietnam GM Hoang Thi Bao Tram. Pada babak keempat dia ditahan imbang pecatur Vietnam lainnya, GM Le Than Thu, ujar Kristianus Liem.

Irene sebagai unggulan kedua, memimpin sendirian setelah mengumpulkan 4,5 angka dari lima babak pertandingan. Dia unggul satu angka atas lawan-lawan terdekatnya, termasuk dari unggulan pertama, GM Li Ruofan dari Singapura yang kelahiran China.

Pada posisi kedua ada delapan peserta yang mengumpulkan 3,5 poin bersama Li Ruofan. Di antara ketujuh pemain itu di antaranya GM Le Than Thu dan GM Nguyen Thi Than An dari Vietnam, GM Tugshintugs Batchimeg dari Mongolia.

Pada babak keenam, Irene akan berhadapan dengan ungulan pertama, yakni pemain naturalisasi Singapura dari China, Li Ruofan. Kristianus tidak merinci peluang kemenangan Irene pada pertarungan menentukan tersebut.

Dari pertarungan kelompok putri, hanya satu yang dinyatakan lolos ke kejuaraan dunia, yakni juara. Oleh karena itu Irene harus mampu mempertahankan konsisten permainannya agar bisa meraih satu tiket ke kejuaraan dunia 2001 di Rusia.

Kejuaraan babak kualifikasi ini diikuti atlet dari lima negara, masing-masing tuan rumah Filipina, Indonesia, Vietnam, Singapura, dan Mongolia.Arena pertandingan Tagaytay Citi merupakan kota kecil di pegunungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top