Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerakan pramuka perlu digalakkan kembali

Sebagai warga bangsa, kita patut merasa prihatin terkait kondisi moral dan mental generasi muda dewasa ini. Banyak generasi muda yang terlibat tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, kriminalitas dan yang makin marak belakangan ini terpengaruh

Sebagai warga bangsa, kita patut merasa prihatin terkait kondisi moral dan mental generasi muda dewasa ini. Banyak generasi muda yang terlibat tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, kriminalitas dan yang makin marak belakangan ini terpengaruh oleh indoktrinasi gerakan NII (Negara Islam Indonesia) maupun kelompok teroris serta dipengaruhi kelompok ekstrem dan paham sekulerisme.

Tindakan pendangkalan akidah tersebut merupakan degradasi moral dan mental di kalangan generasi muda. Bangsa ini sudah teracuni dengan ajaran yang bertentangan dengan wawasan kebangsaan, nasionalisme dan semangat bela negara.

Oleh sebab itu, kita patut menyambut positif adanya peran serta TNI-AD dalam pembinaan generasi muda melalui pengembangan gugus depan gerakan pramuka di kesatuan-kesatuan TNI-AD, dengan membentuk Saka Wira Kartika, yaitu gerakan pramuka di bawah naungan TNI.

Dari data yang kami ketahui bahwa sekitar 275.000 gugus depan pramuka yang ada di sekolah, sebagian besar tinggal nama saja dan tidak ada kegiatan kepramukaan yang signifikan.

Dengan adanya kondisi yang memprihatinkan tersebut maka tidak berlebihan jika kita beri apresiasi kepada TNI AD yang telah bekerja sama dengan seluruh gubernur dan bupati serta memerintahkan kepada satuan TNI di daerah untuk ikut menyemarakkan kegiatan kepramukaan di wilayah tugas masing-masing.

Pramuka sebagai organisasi kepanduan oleh masyarakat internasional telah diterima sebagai alat yang efektif untuk membina mental/moral, budi pekerti yang berorientasi pada kepentingan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Demikian pula keanggotaan pramuka tidak mengenal batas usia, jenis kelamin, profesi, suku, ras dan agama serta golongan.

Melalui gerakan pramuka tentu banyak kegiatan yang dapat dilakukan, perannya tidak hanya signifikan untuk mencegah terjadinya berbagai hal negatif tetapi juga sangat penting dalam membentuk kaum muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertakwa, cerdas dan terampil serta kuat dan sehat sebagai kader penerus bangsa pada masa yang akan datang.

Nurhayati, Jati Cempaka, Pondok Gede, Bekasii

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper