Wapres pugar situs Bung Karno di Ende

Aprilian Hermawan
Aprilian Hermawan - Bisnis.com 28 Desember 2010  |  03:12 WIB

Ende, NTT: Wakil Presiden Boediono akan mencanangkan pemugaran rumah situs Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, sore ini.

Berdasarkan agenda yang diterima Bisnis, Boediono akan terbang ke Pulau Flores pada siang hari pukul 12.00 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusumah, dan tiba di Bandara Hasan Aroebosman, Ende pada pukul 15.45 WITA.

Wapres akan meresmikan pemugaran empat situs Bung Karno di wilayah ini yaitu rumah pengasingan, taman perenungan, makam mertua. Pemugaran situs ini merupakan inisiatif dari Wapres saat meninjau wilayah ini pada massa kampanye pemilu 2009 lalu. Saat itu, Wapres merasa prihatin dengan situs Bung Karno yang kruang terawat.

Soekarno pernah menghabiskan masa mudanya di Ende selama 4 tahun saat di buang oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 1934-1938. Di Ende, Soekarno merumuskan rancangan dasar-dasar kenegaraan Indonesia termasuk Pancasila.

Menurut informasi dari warga setempat, lima sila pada Pancasila diperoleh Soekarno saat melihat pohon sukun yang mempunyai batang lima cabang. Pohon Sukun itu hingga kini masih berdiri tegak dan dirawat oleh Pemkab Ende.

Dalam kunjungan ini, Boediono akan didampingi sejumlah menteri yaitu Menbudpar Jero Wacik, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Selain melakukan pemugaran, Wapres uga akan meninjau rumah sakit umum daerah Ende untuk melihat fasilitas kesehatan di wilayah in. Malam hari, Boediono akan menghadiri perayaan Natal bersama warga Flores.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top