Afsel diminta bergabung dengan BRIC

BEIJING: Afrika Selatan diminta secara resmi untuk bergabung dengan kelompok BRIC yang terdiri dari Brasil, Rusia, India dan China
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Desember 2010  |  10:09 WIB

BEIJING: Afrika Selatan diminta secara resmi untuk bergabung dengan kelompok BRIC yang terdiri dari Brasil, Rusia, India dan China

Presiden China Hu Jintao menulis surat kepada mitranya dari Afsel, Jacob Zuma untuk memberitahu tentang keputusan itu. Zuma diundang untuk menghadiri pertemuan ketiga kepala negara BRIC yang akan diadakan di Beijing tahun depan, kata Menlu China Yang Jiechi hari ini.

Afsel, yang berpenduduk 49 juta jiwa, akan dapat meningkatkan perannya di panggung dunia bila bergabung dengan emerging market. Afsel juga dapat memperkuat hubungan perdagangan dan politik di dalam blok itu.

Maite Nkoana-Mashabane, Menteri Hubungan dan Kerjasama Internasional Afsel, mengatakan bergabung dengan kelompok itu merupakan hadiah Natal terbaik.

Kami akan menjadi pintu gerbang utama bagi Negara BRIC. Meski penduduk kami kecil, kamti tak hanya bicara Afsel, kami bicara Afrika secara keseluruhan, ujarnya.

Zuma telah melakukan kunjungan kenegaraan ke semua anggota BRIC sejak dia berkauasa pada Mei tahun lalu. Pemerintah telah melakukan lobi yang intensif agar bias bergabung dengan kelompok itu, yang sekarang lebih dikenal dengan BRICS. (tw)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Nadya Kurnia

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top