Acer latih guru di Aceh soal teknologi

JAKARTA: Acer Indonesia bersama dengan Aceh IT Centre (AITC) menyelenggarakan pelatihan teknologi bagi para guru dan ibu di Banda Aceh dan Aceh Besar.
Yeni H. Simanjuntak | 23 Desember 2010 10:06 WIB

JAKARTA: Acer Indonesia bersama dengan Aceh IT Centre (AITC) menyelenggarakan pelatihan teknologi bagi para guru dan ibu di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Astrid Warsito, PR Specialist Acer Group Indonesia, menjelaskan Acer melihat peran penting guru dalam mengarahkan anak didiknya dalam pemanfaatan teknologi dengan cerdas dan bijak. “Caranya yaitu dengan membekali para guru tentang manfaat teknologi dan internet dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar termasuk etika dan tantangannya," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini.

Menurut dia, selain kegiatan Menuju Cyber Aceh: Satu Guru, Satu Ibu, Satu Laptop tersebut, Acer sejak awal 2010 telah memberikan banyak pelatihan kepada guru di bawah program Guru Era Baru menyambut baik kerjasama dengan Aceh IT Centre (AITC) untuk meningkatkan penetrasi teknologi di Indonesia.

Dia menjelaskan Acer berencana memperluas wilayah jangkauan program Acer Guru Era Baru (Guraru) tak hanya di tingkat provinsi, tetapi ke tingkat kabupaten dan kota di seluruh Indonesia dengan menggandeng berbagai institusi maupun asosiasi yang berkompeten.

Menurut dia, pertumbuhan pengguna internet yang demikian pesatnya ini juga didorong oleh makin populernya situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter dan Blog, di berbagai kalangan.

Melihat berbagai perkembangan internet di Tanah Air yang pesat, kata dia, pengetahuan dan keterlibatan guru dalam memanfaatkan teknologi tidak bisa ditunda lagi.

Para guru memiliki posisi strategis karena dapat memanfaatkan sisi positif teknologi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan seluruh peserta didik.

“Kemajuan teknologi saat ini sangat pesat, terutama untuk mengakses informasi. Sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi sarana yang penting dalam proses belajar mengajar serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan.†Kata Iskandarsyah Bakri dari AITC.

Untuk mempercepat penetrasi dan literasi TI di kalangan para guru, selain melakukan seminar dan workshop teknologi, Acer juga menawarkan program pemilikan notebook yang diperuntukan khusus untuk kalangan pendidikan dengan model dan spesifikasi yang khusus dan cara pembayaran yang ringan.

Yadi Karyadi, Market Development Manager, Intel Indonesia Corporation, mengatakan Intel Corporation Indonesia sepenuhnya mendukung inisiatif Acer dalam meningkatkan penetrasi teknologi di Indonesia, terutama di kalangan pendidik dengan diselenggarakannya seminar TIK bagi para guru.

Pada kesempatan tersebut Aceh IT Center meluncurkan portal www.guruindonesia.com, sebagai sarana komunikasi antara para guru dan siswa yang ada di Indonesia dan Aceh seputar sistem pembelajaran dan materi pelajaran yang ada di seluruh daerah di Indonesia.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rezza Aji Pratama

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top