Hankook realisasikan investasi US$353 juta

JAKARTA : Produsen ban asal Korea Selatan (Korsel), Hankook Tire Co. Ltd akan merealisasikan rencana investasi sebesar US$353 juta dengan membangun pabrik di Bekasi, Indonesia, pada tahun depan. Pabrik ban Hankook direncanakan memiliki kapasitas produksi
manda | 23 Desember 2010 09:19 WIB

JAKARTA : Produsen ban asal Korea Selatan (Korsel), Hankook Tire Co. Ltd akan merealisasikan rencana investasi sebesar US$353 juta dengan membangun pabrik di Bekasi, Indonesia, pada tahun depan. Pabrik ban Hankook direncanakan memiliki kapasitas produksi 6 juta unit per tahun.

Direktur Jenderal Agro Kementerian Perindustrian Benny Wachjudi mengatakan Hankook telah memilih lokasi untuk membangun pabriknya yakni di Cikarang, Bekasi. "Sudah dipastikan tahun depan mereka akan investasi," katanya, hari ini.

Sementara itu, Presiden Hankook Tire America Corp Soo Il Lee mengatakan pembangunan pabrik baru di Indonesia akan menguntungkan pasar Amerika karena hampir 50% dari kapasitas produksi pabrik baru tersebut diperuntukkan bagi pasar Amerika Utara.

"Ini akan membantu kami memenuhi permintaan yang terus tumbuh dari Amerika Serikat dan Kanada," katanya seperti dilansir situs www.moderntiredealer.com.

Pabrik baru di Indonesia ini rencananya akan memproduksi ban untuk kendaraan penumpang, bus dan truk. Soo mengatakan pembangunan fasilitas produksi berskala global ini dilakukan untuk mencapai target Hankook menjadi produsen ban terbesar di dunia pada 2014. Setelah pabrik ini terbangun kapasitas produksi Hankook secara global akan terdongrak menjadi 100 juta unit per tahun, dengan proyeksi pendapatan US$1 miliar.

Hankook memilih Bekasi sebagai lokasi karena wilayah ini dinilai paling ideal dengan memiliki akses terhadap logistik dan sumber daya untuk infrastruktur, termasuk listrik dan tenaga kerja.

Pabrik Hankook di Bekasi akan dibangun di areal seluas 6,4 juta square foot area. Peletakan batu pertama direncanakan pada kuartal III/2011 dan proses konstruksi direncanakan rampung pada September 2014.

"Kami merespon permintaan akan ban berkualitas tinggi dari seluruh dunia dengan cara memobilisasi sumber investasi dan membangun fasilitas produksi berskala besar dan berteknologi tinggi," katanya.

Dia menuturkan tidak menutup kemungkinan Hankook memperluas areal pabrik apabila di masa datang permintaan ban terus bertumbuh. Hankook saat ini memiliki lima pabrik di seluruh dunia.

Pada November lalu, perusahaan ini mengumumkan rencana perluasan pabrik di Hungaria dan membangun pabrik baru di Cina. Pabrik di Cina berlokasi di pusat industri dan komersil terbesar di negara tersebut yaitu Liang Jiang Xin Qu, Chongqing Municipal.

Pabrik anyar di Cina direncanakan selesai dibangun pada akhir 2015 dan akan memproduksi 11,5 juta ban mobil penumpang, truk dan bus. Hankook saat ini menjadi penguasa pasar terbesar ketiga di Amerika Serikat dengan pertumbuhan penjualan rata-rata 22 persen per tahun.

Vice Chairman dan CEO Hankook, Seung Hwa Suh menegaskan perusahaan terus berusaha memacu pertumbuhan pasar ban dengan meningkatkan efisiensi investasi dan produksi.

Hankook Tire akan terus berupaya membangun mesin pertumbuhan baru [pasar ban] melalui pendekatan agresif dengan meningkatkan efisiensi investasi dan produktivitas, katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top