Pemerintah akan luncurkan pil KB pria

JAKARTA: Pemerintah tahun depan akan meluncurkan pil KB untuk pria dengan bahan baku dari daun justicia gendarussa yang banyak tumbuh di Papua.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Desember 2010  |  14:41 WIB

JAKARTA: Pemerintah tahun depan akan meluncurkan pil KB untuk pria dengan bahan baku dari daun justicia gendarussa yang banyak tumbuh di Papua.

"Saat ini penelitian tentang bahan pil KB pria ini sudah mencapai 75%. Tinggal mengubahnya menjadi ekstrak yang dikemas dalam dibentuk kapsul atau pil," kata Sudibyo Alimoeso, Sekretaris Utama BKKBN hari ini di Jakarta.Menurut dia, sekarang hasil penelitian yang berbentuk herbal (bubuk) itu sudah bisa digunakan. Namun tidak praktis karena akan banyak kapsul yang harus diminum. Karena itu perlu diolah lagi menjadi ekstrak yang bisa dijadikan satu kapsul sehingga bisa marketable dan praktis.Sudibyo mengatakan dengan adanya pil KB pria ini nantinya, diharapkan peserta KB pria bisa menembus angka 5% dari seluruh jumlah peserta keluarga berrencana di Indonesia."Saat ini KB pria hanya ada pilihan, yaitu vasektomi atau memakai kondom. Dan itu baru mencapai sekitar 2% pesertanya," ujarnya di sela-sela pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar pada Puncak Peringatan Hari Ibu 2010 di Taman Mini Indonesia Indah.Sementara itu, Kepala BKKBN Sugiri Syarif menuturkan untuk memproduksi pil KB pria ini nantinya, BKKBN dan tim Unair, sudah bekerja sama dengan PT Indofarma Tbk. "MoU sudah ditandatangani Oktober lalu. PT Indofarma akan memproduksi, melakukan pemasaran dan distribusi kontraksepsi pria ini," ujarnya. (tw)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Nadya Kurnia

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top