Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sutopo Raih Penghargaan "Tokoh Teladan Anti-Hoax Indonesia"

Setelah meraih penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, kini Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho raih penghargaan dari Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo).
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) pada Selasa malam (16/10) memberi penghargaan Tokoh Teladan Anti Hoax Indonesia untuk Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho./Dok. BNPB
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) pada Selasa malam (16/10) memberi penghargaan Tokoh Teladan Anti Hoax Indonesia untuk Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho./Dok. BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah meraih penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, kini Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho raih penghargaan dari Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo).

Dari siaran pers yang diterima Bisnis pada Rabu (17/10/2018), Sutopo menerima penghargaan sebagai "Tokoh Teladan Anti-Hoax Indonesia" dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) pada Selasa malam (16/10/2018).

Mafindo menilai Sutopo adalah pribadi yang gigih menyebarkan informasi kebencanaan yang benar. Dia juga aktif dalam meredam berita bohong atau hoax soal kebencanaan.

"Di tengah ujian berat dalam hidup saya. Berjuang untuk tetap hidup dari sakit kanker paru yang menyakitkan. Saya tetap menerima nikmat berupa penghargaan yang layak untuk disyukuri," kata Sutopo.

Sutopo mengaku penghargaan kedua ini merupakan kehormatan. Dia pun menegaskan semua penghargaan ini tidak ada artinya dibandingkan dengan perjuangan para insan kemanusiaan kebencanaan. Dia  mendedikasikan semua penghargaan ini untuk pimpinan dan staf Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang selalu berjuang menangani bencana.

"Kepada seluruh pelaku insan kemanusiaan yang semua bergerak atas panggilan kemanusiaan membantu korban bencana. Kepada TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Tagana, PMI, Kementerian/Lembaga, NGO, media, relawan dan semuanya, yang selalu berada di garis terdepan saat bencana," sambungnya.

Sebagai seorang ‘penyambung lidah’, Sutopo merasa wajib meneruskan dan menginformasikan semua yang dilakukan insan kemanusiaan kepada media dan masyarakat. Dalam hal ini adalah menyampaikan fakta, data, analisis, prediksi sekaligus melawan hoax kebencanaan.

Dia berharap semua penghargaan ini dapat menginspirasi banyak orang sesuai pesan Presiden Joko Widodo pada saat menerima Sutopo di Istana Negara. Jokowi menuliskan difoto "Tetaplah Menjadi Inspirasi" yang menurut Sutopo adalah kenangan terindah baginya.

Sutopo tercatat pekan ini sedang menjalani kemoterapi karena menderita kanker paru stadium 4B. Pada Senin lalu (15/10/2018) dia juga menerima penghargaan Anugerah Komunikasi Indonesia 2018 dari Kementerian Kominfo dan Ikatan Ahli Komunikasi Indonesia atas dua nominasi.

Pertama, sebagai Tokoh Komunikasi Kemanusiaan 2018. Kedua, Communicator Of The Year 2018. Penghargaan itu diberikan di Bandung, Jawa Barat, namun Sutopo berhalangan hadir karena masih menjalani kemoterapi. Alhasil Sutopo pun diwakili oleh Kepala Bidang Humas BNPB.

Bisnis mencatat, pada bencana gempabumi di Situbondo, Jawa Timu,, Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Muhamad Sadly mengatakan masyarakat jangan lekas mempercayai informasi yang tidak jelas sumbernya.

Fenomena hoaks saat bencana yang paling ramai terjadi saat gempabumi Lombok, NTB. Banyak informasi di media sosial yang menegaskan bahwa pada jam tertentu akan terjadi gempa susulan. Informasi hoaks itu sukses membawa kecemasan masyarakat dan menjauhkan mereka dari optimisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper