Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jual T-shirt Bergambar Peta China yang Salah, Gap Meminta Maaf

Peritel pakaian asal AS, Gap Inc., meminta maaf karena menjual T-shirt dengan desain peta China yang salah dan mengatakan akan menerapkan tinjauan ketat untuk mencegah kesalahan yang sama terjadi.
Tampilan di salah satu etalase gerai Gap./Reuters
Tampilan di salah satu etalase gerai Gap./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Peritel pakaian asal AS, Gap Inc., meminta maaf karena menjual T-shirt dengan desain peta China yang salah dan mengatakan akan menerapkan tinjauan ketat untuk mencegah kesalahan yang sama terjadi.

Permintaan maaf tersebut muncul setelah seseorang mengunggah foto T-shirt pada jaringan media sosial China, Weibo, dan mengatakan bahwa wilayah China, termasuk Tibet selatan, pulau Taiwan, dan Laut China Selatan, dihilangkan dari peta.

Pengguna tersebut mengatakan bahwa foto T-shirt itu diambil di sebuah outlet di Kanada.

"Gap Inc. menghormati kedaulatan dan integritas wilayah China. Kami telah belajar bahwa merek T-shirt Gap yang dijual di beberapa pasar luar negeri gagal menggambarkan peta China yang benar. Kami dengan tulus meminta maaf atas kesalahan yang tidak disengaja ini," ungkap perusahaan dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun Weibo pada Senin (14/5//2018), seperti dikutip dari Reuters.

Perusahaan juga menambahkan bahwa produk tersebut telah ditarik dari pasar China dan dihancurkan.

Permintaan maaf Gap muncul di saat China meningkatkan upaya untuk menggunakan bahasa kepolisian yang digunakan untuk menggambarkan wilayah yang diklaim China seperti Taiwan. Perusahaan AS lain yang telah mengeluarkan permintaan maaf atas insiden serupa termasuk Delta Air Lines dan Marriott International Inc.

Awal bulan ini, Gedung Putih mengkritik tajam upaya China karena memaksa perusahaan penerbangan asing mengubah cara mereka menggambarkan Taiwan, Hong Kong, dan Makau di laman resmi mereka sebagai "Omong kosong Orwellian." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper