Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shinzo Abe Ingin Tuntaskan Penculikan Warga Jepang Oleh Korut

Perdana Menteri Shinzo Abe, Selasa (13/3/2018), mengatakan kepada perwakilan Korea Selatan bahwa ia ingin melakukan pembicaraan dengan Korea Utara untuk menyelesaikan perselisihan mengenai penculikan warga Jepang pada masa lalu.
PM Jepang Shinzo Abe/Reuters
PM Jepang Shinzo Abe/Reuters

Kabar24.com, TOKYO - Perdana Menteri Shinzo Abe, Selasa (13/3/2018), mengatakan kepada perwakilan Korea Selatan bahwa ia ingin melakukan pembicaraan dengan Korea Utara untuk menyelesaikan perselisihan mengenai penculikan warga Jepang pada masa lalu.

"Penyelesaian masalah penculikan, nuklir dan peluru kendali adalah kebijakan inti Jepang," kata Abe kepada Kepala Dinas Intelijen Nasional Korea Selatan Suh Hoon di Tokyo.

"Korea Utara harus menyesuaikan kalimatnya dengan tindakan," kata Abe pada awal pertemuan untuk membahas rencana pembicaraan antarkedua Korea serta antara Pyongyang dan Washington.

Desakan Tokyo dalam membahas penculikan warganya oleh petugas Korea Utara dapat menyebabkan gesekan antara Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat jika Seoul atau Washington bersedia memotong kesepakatan pelucutan nuklir secara terpisah dari kesepakatan apapun.

Korea Utara mengakui pada tahun 2002 bahwa mereka telah menculik 13 orang Jepang pada tahun 1970-an dan 1980-an untuk melatih mata-mata, dan lima di antaranya kembali ke Jepang. Tokyo menduga bahwa ratusan lain mungkin telah diculik.

Suh mendesak kerja sama Jepang namun tidak secara khusus menyebutkan masalah penculikan tersebut.

"Kerja sama antara para pemimpin Korea Selatan dan Jepang penting untuk pelucutan nuklir di semenanjung Korea dan resolusi isu rudal," kata Suh.

Shinzo Abe Ingin Tuntaskan Penculikan Warga Jepang Oleh Korut

Tinggalkan Senjata Nuklir

Keinginan Pyongyang yang mengaku ingin meninggalkan senjata nuklir itu penting karena datang langsung dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, katanya.

Suh mengatakan kepada wartawan usai pertemuan, yang isinya bahwa PM Abe telah berjanji untuk mencurahkan semua kerja sama untuk pertemuan puncak yang sukses antar kedua Korea serta antara AS dan Korea Utara.

Ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono pada hari Senin dan mengatakan setelah perundingan tersebut, bahwa Jepang dan Korea Selatan telah sepakat untuk terus menekan Korea Utara agar meninggalkan ambisi nuklir dan rudalnya.

Seorang juru bicara "Blue House" atau Kantor Kepresidenan Korea Selatan memaparkan, Kono mengatakan kepada Suh bahwa perubahan situasi di Semenanjung Korea adalah "keajaiban" yang dekat.

Presiden AS Donald Trump telah sepakat untuk bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada akhir Mei. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga berencana untuk mengadakan pertemuan puncak dengan Kim pada akhir April.

Abe, yang meminta bantuan Trump untuk menyelesaikan masalah penculikan tersebut dalam panggilan telepon, mengatakan berencana melakukan perjalanan ke AS pada bulan depan untuk bertemu dengan Trump.

Shinzo Abe Ingin Tuntaskan Penculikan Warga Jepang Oleh Korut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper