Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNN Hadirkan Aplikasi Dialigue101

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng perusahaan pengembang aplikasi PT Vanaspati Arkananta Widya (VAW), menghadirkan aplikasi digital Dialigue101 sebagai sarana pencegahan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia.

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng perusahaan pengembang aplikasi PT Vanaspati Arkananta Widya (VAW), menghadirkan aplikasi digital Dialigue101 sebagai sarana pencegahan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia.

Dengan aplikasi ini masyarakat Indonesia bisa mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai narkoba baik dampak maupun kerugian yang dapat ditimbulkan akibat penyalahgunaan barang terlarang tersebut.

Bukan hanya itu, menurut Minardiantomo Suputro, Founder VAW, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang terlanjur menggunakan Narkoba untuk berbagi cerita dan berkonsultasi agar terlepas dari pengaruh obat-obatan terlarang tersebut.

“Kebanyakan pemakai Narkoba yang ingin sembuh tidak tahu harus kemana. Di aplikasi ini kami sediakan fasilitas chating 24 jam untuk berkonsultasi yang akan dijawab oleh manusia bukan mesin,” jelas pria yang disapa Tomy.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Waseso, Kepala BNN sangat berharap aplikasi ini dapat membantu mencegah penyebaran penyalahgunaan narkoba.

“Sekarang semua orang menggunakan smartphone, dengan jangkauan dan teknologi yang ditawarkan perangkat ini semoga dapat mencegah penyebaran narkoba dengan efektif,” harapnya.

Sebagai informasi sepanjang tahun 2017 terdapat ratusan ribu kasus narkoba dimana 70 persen pemakai narkoba merupakan pekerja, 22 persen pelajar dan mahasiswa dan sisanya merupakan pengangguran.

Sedangkan kerugian jiwa yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan penggunaan narkoba ini sedikitnya 45-50 orang meniggal setiap harinya dan kerugian materil sebesar Rp75 Triliun tiap tahunnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper