Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Padang Minta Pelaku Usaha Bimbing UMK

Pemerintah Kota Padang meminta pelaku usaha besar di daerah itu memberikan pembinaan terhadap usaha kecil untuk mendorong kesinambungan pertumbuhan ekonomi.
Ilustrasi/ANTARA-Agus Bebeng
Ilustrasi/ANTARA-Agus Bebeng

Bisnis.com, PADANG — Pemerintah Kota Padang meminta pelaku usaha besar di daerah itu memberikan pembinaan terhadap usaha kecil utnuk mendorong kesinambungan pertumbuhan ekonomi.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan jumlah pelaku usaha di daerahnya sangat besar yakni mencapai 2.040 usaha dengan katageori usaha menengah kecil (UMK) dan usaha menengah besar (UMB).

“Potensi usaha di Padang cukup besar. Kami ingin ada sinergi antara pelaku UMB dengan UMK,” kata Mahyeldi, Selasa (10/10/2017).

Menurutnya, usaha kecil butuh bimbingan dan pembinaan dari usaha besar untuk bisa berkembang menjangkau pasar yang lebih luas.

Dia mengharapkan pelaku UMB yang umumnya adalah pengusaha kaya agar taat aturan dan menjalankan bisnisnya dengan cara yang sehat. Termasuk melakukan pembinaan kepada pelaku usaha kecil.

“Orang kaya kalau taat aturan, maka akan selesai masalah kemiskinan di negeri ini. Maka kami ingin ada sinergi,” ujarnya.

Mahyeldi mengharapkan pelaku usaha besar atau UMB bisa mewadahi akses pasar bagi usaha kecil yang ada di daerah itu. Sebab, pelaku usaha kecil tidak mampu mengakses pasar secara berkesinambungan jika tidak dibantu pelaku usaha besar.

Mahyedi mencontohkan peran pemerintah dan pengusaha besar untuk membantu UMK di Vietnam berkontribusi besar meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Nelayan misalnya, hasil tangkapan langsung dibawa ke pelabuhan untuk diekspor, sehingga nelayan Vietnam lebih sejahtera, karena hasil tangkapan tidak muter terlebih dahulu melalui tengkulak-tengkulak, tetapi langsung ekspor.

“Mestinya peran begitu yang dimainkan pengusaha besar, tidak dibawa muter-muter dulu ikannya,” kata Mahyeldi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper