Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketika Prabowo Subianto Hadiahi Rachmawati 2 Lukisan Bung Karno

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberi hadiah dua lukisan Bung Karno kepada Rachmawati Soekarnoputri saat menjadi tamu upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-72 di Universitas Bung Karno.
Prabowo Subianto/Antara
Prabowo Subianto/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberi hadiah dua lukisan Bung Karno kepada Rachmawati Soekarnoputri saat menjadi tamu upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-72 di Universitas Bung Karno.

"Saya serahkan lukisan Bung Karno ini kepada Mbak Rachma," kata Prabowo sembari membuka tirai pada Kamis (17/8/2017).

Penyerahan lukisan itu dilakukan sesaat setelah upacara 17 Agustus digelar. Prabowo memberi dua lukisan cat minyak Bung Karno. Lukisan pertama gambar Bung Karno sedang membacakan teks proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur. Kemudian lukisan kedua yakni saat Bung Karno memimpin gelar pasukan untuk pertama kalinya dengan menaiki kuda.

Prabowo juga menceritakan sedikit riwayat tentang pemilihan lukisan tersebut. Purnawiran Letnan Jenderal Angkatan Darat itu kemudian menyambut tangan Rachmawati untuk berjabat tangan. Rachmawati mengaku terharu dengan pemberian lukisan Prabowo, dia mengucapkan rasa terima kasih.

Lukisan pemberian Prabowo itu dilukis oleh Hardjanto, seorang pelukis asal Yogyakarta. Prabowo telah memesan lukisan itu sejak dua bulan terakhir. "Pak Prabowo menelepon saya, memesan dua lukisan Bung Karno," kata Hardjanto ditemui di tempat yang sama.

Pesan Lukisan

Prabowo memesan lukisan saat Bung Karno membacakan teks proklamasi dan saat naik kuda memimpin parade pasukan. Hardjanto kemudian riset mencari gambar dan melukis menggunakan cat minyak. Lukisan pertama diselesaikan dalam waktu dua bulan, sedangkan lukisan Bung Karno naik kuda hanya sepekan.

Hardjanto adalah spesialis pelukis potret langganan Prabowo. Menurut dia, Prabowo kerap memesan beragam lukisan untuk dipajang di rumah. Banyak di antara lukisannya yakni para tokoh pahlawan.

"Sudah tak terhitung lagi berapa banyak beliau memesan."

Sebelumnya, Prabowo seharusnya dijadwalkan menjadi inspektur upacara di Universitas Bung Karno. Pihak Partai Gerindra juga sebelumnya telah memastikan bahwa Prabowo akan pimpin upacara. Namun, mendadak jadwal berubah dan batal.

Prabowo datang mengenakan batik warna merah dan celana hitam. Ia mengenakan peci hitam dengan kacamata. Purnawirawan Letnan Jenderal TNI Angkatan Darat itu menyalami para hadirin, termasuk Permadi, dan sejumlah tokoh veteran.

Tak ke Istana

Sebagai penggantinya, inspektur upacara kemudian dipimpin oleh Rektor Universitas Bung Karno, Soenarto Sardiatmadja. Upacara dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Detik-detik proklamasi diikuti para mahasiswa dengan hikmad, tepat di depan patung Bung Karno.

Kehadiran Prabowo di UBK memastikan bahwa ia tidak menghadiri upacara kemerdekaan di Istana Negara. Ia diminta oleh putri Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri memimpin upacara kemerdekaan. Namun, belum pasti kenapa Prabowo urung menjadi inspektur upacara.

Sejumlah tokoh lain yang hadir dalam upacara itu selain Prabowo Subianto, yakni Rachmawati Soekarnoputri, Amien Rais, Permadi, Rizal Ramli, dan sejumlah tokoh veteran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper