Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amien Rais Beri Dukungan Pansus Hak Angket KPK

Mantan Ketua MPR RI sekaligus politisi senior PAN Amien Rais memberikan dukungannya terhadap Panitia Khusus Hak Angket DPR RI terhadap KPK
Politisi Senior PAN Amien Rais  memberikan keterangan kepada awak media tentang aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan, di Jakarta, Jumat (2/6)./Antara-Muhammad Adimaja
Politisi Senior PAN Amien Rais memberikan keterangan kepada awak media tentang aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan, di Jakarta, Jumat (2/6)./Antara-Muhammad Adimaja

Kabar24.com, JAKARTA—Mantan Ketua MPR RI sekaligus politisi senior PAN Amien Rais memberikan dukungannya terhadap Panitia Khusus Hak Angket DPR RI terhadap KPK.

Amien yang datang ke gedung parlemen di kompleks Senayan pada Rabu (19/7) siang, mengatakan kunjungannya tersebut bermaksud memberikan masukan kepada Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPR RI terhadap KPK.

Dalam kesempatan itu, Amien mengatakan kepada wartawan sebenarnya dia sudah membuat makalah yang berisi dugaan terkait beberapa kesalahan KPK. Akan tetapi, penyerahan makalah yang akan menjadi masukan bagi anggota Pansus tersebut urung diberikan.

“Ketua Umum [PAN] saya mengatakan, Pak Amien, tunggu momentumnya sebentar ini, kalau Pak Amien menggebrak KPK sekarang, jangan-jangan nanti malah makin tambah gaduh. Jadi saya dengarkan ketua umum, saya sudah membuat makalah ini dugaan beberapa kejahatan KPK tetapi ini saya simpan dulu pada saatnya nanti akan saya sampaikan,” ujarnya.

Dia mengatakan, momentumnya lebih tepat beberapa hari ke depan. Hal ini menghindari anggapan Amien memainkan wacana pelemahan KPK pasca Setya Novanto dijadikan tersangka KPK.

“Padahal tidak ada hubungannya sama sekali itu. Ini benar-benar perspektif dan kesimpulan saya terkait KPK,” ujarnya.

Kendati tidak menyebutkan secara gamblang kesalahan KPK dalam makalah tersebut, dia mengatakan tindakan KPK telah melewati batas kewenangan.

Menurut Amien, KPK terlalu lemah dalam pemberantasan korupsi.

Dia menyebut, jika KPK memang benar-benar kuat kasus korupsi besar harus sudah tuntas seperti masalah Bank Century, Hambalang, dan Rumah Sakit Sumber Waras.

Dia menambahkan, upaya usulan lewat Pansus tersebut jangan dimaknai sebagai pelemahan KPK.

Upaya-upaya tersebut menurutnya justru bisa memperkuat peran KPK dalam pemberantasan korupsi ke depan.

“Jadi kelemahan KPK sudah sampai titik jenuh, kalau sudah sangat lemah apa yang mau dilemahkan. Momen ini justru untuk memperkuat KPK,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper