Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 3 Nama yang Bakal Bersaing Ketat di Pilgub Jabar

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, ada tiga nama yang bakal bertarung sengit di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar).
Gedung Sate Bandung/Antara
Gedung Sate Bandung/Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, ada tiga nama yang bakal bertarung sengit di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar). Tiga nama itu masing-masing memiliki kekuatan besar.

Adapun ketiga nama itu adalah Wakil Gubernur Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

“Deddy Mizwar, Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi,” sebut Ujang, Senin (10/7/2017).

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta itu, bahwa nama-nama yang disebutkan di atas memiliki keunggulan masing-masing yang memungkinkan bisa meraup suara di Pilkada yang akan digelar pada 2018 mendatang.

“Deddy Mizwar kuat karena dia incumbent dan popularitasnya sangat tinggi. Lalu, Ridwan Kamil adalah Wali Kota yang memiliki banyak banyak prestasi,” paparnya.

Sedangkan, Dedi Mulyadi selain berprestasi, juga telah melakukan gerilya politik sampai ke pelosok-pelosok desa. “Dia juga adalah Ketua DPD Partai Golkar di Jabar,” kata Ujang.

Ujang pun menjelaskan, ada beberapa isu krusial yang harus diperhatikan oleh para Bakal Calon Gubernur Jabar tersebut, jika ingin menang dalam perhelatan politi itu.

Isu pertama, sebutnya adalah terkait masalah Pendidikan gratis dan berkualitas. Kemudian, masalah kesehatan dan pelayanannya.

“Selain itu, yang terakhir adalah soal pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat kecil,” tutur Ujang.

Senada dengan itu, Survei Indo Barometer menempatkan tiga nama tersebut bersaing ketat untuk menjadi Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Ketiga sosok yang memang santer digadang-gadang maju pada Pemilihan Gubernur Jabar itu sama-sama menunjukkan peningkatan, baik popularitas dan elektabilitas.

‎”Kami memunculkan 16 nama, tapi memang yang menunjukkan peningkatan, baik elektabilitas maupun popularitas adalah tiga nama tersebut," papar Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari saat merilis hasil surveinya di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Juni lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper