Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ivanka Manfaatkan Nama Donald Trump untuk Bangun Kerajaan Bisnis

Di lantai dua sebuah menara kaca yang ber pusat di Kota Vancouver Kanada, berdirilah sebuah spa yang didekorasi dengan warna tenang, kayu gelap, dan anggrek plum. Tirai rantai logam menggantung di dekat jendela dari lantai ke langit-langit, memastikan privasi di area seluas 460 meter persegi.
Seorang kkaryawan di pusat kebugaran milik Ivanka Trump di Vancouver, Kanada (Bloomberg)
Seorang kkaryawan di pusat kebugaran milik Ivanka Trump di Vancouver, Kanada (Bloomberg)

Kabar24.com, VANCOUVER – Di lantai dua sebuah menara kaca yang ber pusat di Kota Vancouver Kanada, berdirilah sebuah spa yang didekorasi dengan warna tenang, kayu gelap, dan anggrek plum. Tirai rantai logam menggantung di dekat jendela dari lantai ke langit-langit, memastikan privasi di area seluas 460 meter persegi.

Di area supersuite, bak mandi air panas berukuran besar yang ditaburi bunga menanti pasangan yang memanjakan diri dengan perawatan detoksifikasi, mandi uap, atau pijat seharga US$355 selama 60 menit.

Selamat datang di Spa by Ivanka Trump. Berlokasi di hotel milik keluarga Trump yang terletak di Vancouver dan Washington, spa ini menggunakan nama lengkap Ivanka yang memang memanfaatkan ketenaran nama sang ayah, Donald Trump. Kedua spa tersebut telah dibuka sejak sembilan bulan  lalu.

Dikutip dari Bloomberg, Ivanka yang baru-baru ini mendedikasikan diri sebagai pegawai federal di Gedung Putih, telah banyak membantu perumusan desain dan negosiasi untuk keperluan bisnis kebugarannya. Namun, banyak pihak yang melihat aksi bisnis ini merupakan tindakan kapitalisasi namanya. Apalagi, Ivanka hendak mengkespansi label fesyennya ke luar negeri dengan menciptakan produk-produk baru.

Ivanka Trump Marks LLC, dua bulan yang lalu telah mendapatkan persetujuan paten dari pemerintah Amerika Serikat untuk menggunakan label jasa kesehatan spa.

Absen

Seorang juru bicara Trump Organization mengatakan Ivanka Trump telah absen dalam kegiatan bisnis di dalam perusahaan. Berdasarkan keterangannya, konsep spa tersebut telah diselesaikan sebelum pembukaan hotel, sementara Ivanka kini sudah tidak berperan dalam bisnis ini sehingga konsep aslinya masih tetap berlaku.

“Akan sulit untuk mengangkat isu terkait Ivanka saat sebelum dia menjadi pegawai federal. Yang perlu dicermati adalah perjanjian bisnisnya setelah dia menjadi pegawai di Gedung Putih,” kata Direktur Komunikasi Citizens for Responsibility and Ethics Jordan Libowitz.

Namun, yang juga menjadi pertanyaan penting adalah berapa banyak lagi bisnis yang akan dibangun atas nama Ivanka Trump.

Melihat keadaan saat ini, bisnis spa Ivanka terhitung menjadi bisnis yang paling mewah, sementara bisnis perhiasan dan fesyen milik Ivanka mulai kehilangan pasar. Dalam beberapa tahun terakhir, pendapat konsumen tentang merek Trump telah mendepak label fesyen Ivanka Trump ke kanal barang-barang diskon, di samping label siap pakai seperti Banana Republic dan Ann Taylor.

Bermasalah

Di masa iklim politik yang 'asam' di Amerika Serikat, merek Ivanka Trump juga bermasalah bagi banyak peritel. Beberapa dari mereka bahkan telah menarik produknya dari etalase tokonya.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan dari beberapa golongan eksekutif. Apa yang Ivanka tahu tentang spa? Nampaknya, ini lebih dari sekedar bisnis spa. Sejak pemilihan presiden, Ivanka Trump Marks telah mendaftarkan namanya ke dalam tiga label pakaian. Pada 31 Januari - 20 Juni terdapat 10 persetujuan yang didapat Ivanka.

Pada bulan Mei, saat dia bersiap untuk menemani ayahnya ke luar negeri, regulator federal memberikan persetujuan awal untuk penggunaan namanya secara eksklusif untuk menjual bra dan kaus kaki. Sejak bulan lalu, merek tersebut dilaporkan akan mendapatkan persetujuan untuk penggunaan logo pada produk ponco dan scarves.

Selain itu, empat merek dagang telah terdaftar secara resmi sejak Januari, di antaranya, produk tas tangan, toko perhiasan online dan ritel, serta peralatan hujan. Bahkan, dia juga menjual kaus melalui Amazon.com dan membuka spa dan pusat kebugaran di Washington.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper