Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerja sama Hankam Asean-Uni Eropa Mendesak

Kerja sama pada bidang keamanan dan pertahanan antara Asean dan Uni Eropa dinilai sangat penting dan mendesak karena dapat memberikan kontribusi positif untuk mempertahankan stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.nn
Bendera Uni Eropa/Reuters
Bendera Uni Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Kerja sama pada bidang keamanan dan pertahanan antara Asean dan Uni Eropa dinilai sangat penting dan mendesak karena dapat memberikan kontribusi positif untuk mempertahankan stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Laksda TNI Amarulla Octavian, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) mengemukakan kerja sama pada bidang keamanan dan pertahanan tersebut bernilai sangat strategis sejalan dengan kerja sama ekonomi yang mendominasi hubungan multilateral Asean dan Uni Eropa yang sudah berjalan sampai saat ini.

“Peluang untuk melakukan kerja sama Asean dan Uni Eropa ini terbuka sangat lebar ya, kerja sama ini nantinya juga dapat berkontribusi positif untuk mempertahankan stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Menurutnya, kerja sama tersebut juga dinilai sangat penting bagi Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam konstelasi politik Internasional sejalan denga program aksi pemerintah sesuai Kebijakan Kelautan Indonesia sebagaimana dimuat dalam Perpres No. 16/2017.

“Kerjasama di bidang keamanan dan pertahananini bernilai sangat strategis mengiringi kerjasama ekonomi yang mendominasi hubungan multilateral Asean dan Uni Eropa,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper