Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sulsel Andalkan Relasi Jaring Investor

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bakal mengandalkan relasi investor guna menjaring investasi ke Bumi Nyiur Melambai.
Boulevard di Manado Sulawesi Utara/Indonesia.Travel
Boulevard di Manado Sulawesi Utara/Indonesia.Travel

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bakal mengandalkan relasi investor guna menjaring investasi ke Bumi Nyiur Melambai.

Dalam jangka panjang, investasi ditargetkan menjadi motor perekonomian Sulawesi Utara. Happy J Korah, Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayaran Terpadu Satu Pintu, mengatakan peluang usaha bagi investor di Sulawesi Utara kian terbuka dengan kehadiran regional investor relation unit atau RIRU yang dibentuk oleh Bank Indonesia. Menurut Happy, investasi berperan penting terhadap percepatan pembangunan ekonomi Sulut.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, di kuartal I/2017, investasi menyumbang 32,79% terhadap total produk domestik regional bruto (PDRB) Sulut. Di periode yang sama, investasi tumbuh 4,61% dan memberi andil terhadap sumber pertumbuhan ekonomi Sulut sebesar 1,69%. Adapun, pertumbuhan ekonomi Sulut di kuartal I/2017 mencapai 6,43%.

"Regional Investor Relation Unit menjadi ujung tombak pemerintah provinsi dalam rangka menjual sumber daya alam di Sulawesi Utara," katanya di Manado, Kamis (18/5/2017)/

Happy mengatakan, RIRU diharapkan bisa membentuk persepsi positif investor terhadap perekonomian Sulut. Dengan demikian, posisi Sulut di mata investor menjadi sangat atraktif.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan, realisasi investasi di Sulut mengalami lonjakan pada kuartal I/2017. Realisasi investasi dalam negeri di Sulut mencapai Rp256,62 miliar atau melesat 15 kali lipat secara tahunan.

Setali tiga uang, realisasi investasi asing atau penanaman modal asing juga meningkat delapan kali lipat menjadi US$151,49 juta. Peningkatan kucuran modal itu disalurkan di 54 proyek.

Soekowardojo, Kepala Perwakakilan BI Sulawesi Utara, mengatakan Sulut memiliki potensi ekonomi yang tinggi dan beragam, mulai dari pengembangan industri, sumber daya alam, maritim, logistik, dan pariwisata. "Potensi ini harus dikelola dengan baik dan dipromosikan secara intensif kepada investor. Karena itu upaya penguatan dan pengelolaan persepsi positif perlu terus diperkuat," jelasnya.

Guna menggaet investor ke Sulut, BKPM bakal menggelar Manado International Conference on Tourism Investment pada 22-24 Mei 2017 mendatang. Happy menyebut, ada tiga sektor yang paling siap ditawarkan ke investor dalam forum investasi tersebut. "Perhotelan, listrik, dan jalan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper