Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Padang-Fremantle Sepakati Kerjasama Perdagangan dan Jasa

Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kota Fremantle, Negara Bagian Australia Barat menyepakati kerjasama di bidang perdagangan dan jasa, menindaklanjuti gagasan friendship city yang sudah dimulai sejak 1997.
Sejumlah peserta mengikuti kegiatan Padang Heritage Walk di kawasan kota tua, Jl Batang Arau, Padang, Sumatra Barat, Minggu (9/4)./Antara-Iggoy el Fitra
Sejumlah peserta mengikuti kegiatan Padang Heritage Walk di kawasan kota tua, Jl Batang Arau, Padang, Sumatra Barat, Minggu (9/4)./Antara-Iggoy el Fitra

Kabar24.com, PADANG—Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kota Fremantle, Negara Bagian Australia Barat menyepakati kerjasama di bidang perdagangan dan jasa, menindaklanjuti gagasan friendship city yang sudah dimulai sejak 1997.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan kedua kota sepakat untuk mengembangkan kerjasama di bidang perdagangan dan jasa.

Apalagi Fremantle dikenal sebagai kota pelabuhan yang menjadi gerbang dari Central Business District Perth. Kota Perth merupakan pusat bisnis dan perdagangan di Australia bagian barat.

“Sudah ada kesepahaman dengan Fremantle dan akan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan,” katanya.

Dia mengatakan kedekatan hubungan kedua kota sudah lama terjalin dengan kesepakatan friendship city sejak 1997. Namun, belum ada tindak lanjut untuk kerjasama yang lebih erat antara kedua kota.

Mahyeldi menyebutkan kedua kota memiliki kesamaan yakni sebagai kota yang berada di pesisir pantai dan memiliki pelabuhan representatif untuk pengembangan sektor perdagangan dan jasa.

Dia menginginkan kerjasama perdagangan juga menyasar sektor pertanian, perkebunan, industri dan makanan, sehingga produksi komoditi dalam negeri bisa dipasarkan di negeri kanguru.

Sektor lainnya yakni di bidang jasa yang bisa dikembangkan meliputi kebudayaan, pariwisata, pendidikan, dan pengembangan infrastruktur.

“Untuk pendidikan bisa nantinya dengan pertukaran siswa antara sekolah di Padang maupun di Fremantle, atau adopsi pendidikan di kedua kota,” ujarnya.

Brad Pettitt, Wali Kota Fremantle menyebutkan Padang memiliki sejumlah potensi yang bisa dikembangkan, terutama sektor pariwisata dan perdagangan.

“Padang memiliki potensi budaya, dengan masyarakatnya yang ramah, wilayah alam yang luas serta indah,” kata Brad.

Termasuk juga potensi lainnya, seperti keberadaan pabrik semen yang bisa menopang pembangunan dan pengembangan infrastruktur.

Dia mengharapkan kedepan kerjasama kedua kota bisa semakin erat dan menjadikan poros perdagangan Padang – Fremantle dengan memaksimalkan pemanfaatan pelabuhan yang dimiliki kedua daerah.

Pelabuhan Fremantle sendiri, imbuhnya, melayani 700.000 kontainer setiap hari dan menjadi pelabuhan tersibuk di wilayah barat Australia.

Selain menyepakati rencana kerjasama, Brad juga mengunjungi pabrik semen milik PT Semen Padang dan lokasi pengembangbiakan udang vanamei milik kelompok tani di Kota Padang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper