Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Eropa: Perwakilan UE Gelar Festival Budaya di 6 Kota

Perwakilan Uni Eropa menandai Hari Eropa dengan berbagai perayaan di Indonesia sepanjang Mei. Hari Eropa sendiri jatuh pada 9 Mei sebagai simbol perdamaian dan persatuan di Benua Eropa.
Ilustrasi Bendera Uni Eropa/Reuters
Ilustrasi Bendera Uni Eropa/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA—Perwakilan Uni Eropa menandai Hari Eropa dengan berbagai perayaan di Indonesia sepanjang Mei. Hari Eropa jatuh pada 9 Mei sebagai simbol perdamaian dan persatuan di Benua Biru

Hari Eropa juga bertujuan untuk mengingatkan jangkauan Uni Eropa secara aktif ke berbagai belahan dunia serta membangun hubungan lebih erat dengan Indonesia dan ASEAN.

Tahun ini menjadi lebih istimewa karena merupakan perayaan 60 tahun Traktat Roma dan 40 tahun hubungan dialog Uni Eropa dan ASEAN. Tahun ini juga merupakan perayaan 30 tahun program Erasmus yang antara lain telah membantu 1200 siswa Indonesia studi di Eropa melalui skema beasiswa.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guérend menjelaskan masyarakat Indonesia dapat mengenal lebih dekat budaya dan tradisi Eropa, serta menambah wawasan tentang kegiatan Uni Eropa di Indonesia.

“Salah satu kegiatan utama yang akan digelar adalah Festival Film Uni Eropa ke-17 Europe on Screen [EOS] 2017 yang akan berlangsung selama 5—14 Mei 2017 di enam kota Indonesia,” ujarnya, Selasa (2/5/2017).

EOS 2017 akan menampilkan 74 film terbaik dari 21 negara Eropa. Pada 7 Mei 2017, lomba lari EU-ASEAN Run akan diselenggarakan bersama oleh Misi Uni Eropa untuk ASEAN, Sekretariat ASEAN dan ASEAN Women’s Circle.

Lomba lari ini akan berlangsung di jalan protokol Jakarta, mulai dari Intiland Tower – lokasi kantor Uni Eropa – dan berakhir di Sekretariat ASEAN. Di garis akhir, para peserta dapat menikmati berbagai pertunjukkan budaya dan makanan unik asal negara-negara anggota Uni Eropa dan ASEAN.

"Saya bahagia bahwa aspek hubungan antar warga Uni Eropa dan ASEAN dikedepankan pada bulan Mei ini melalui penyelenggaraan EU-ASEAN Run untuk pertama kalinya,” kata Francisco Fontan, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN.

Pada Mei Uni Eropa akan menyelenggarakan pula resepsi diplomatik, acara peluncuran laporan tahunan kerjasama pembangunan Uni Eropa dan Indonesia, lokakarya insentif keuangan untuk industri perfilman, debat tentang mengatasi berita palsu (fake news) dan penyebaran ujaran kebencian (hate speech), serta berbagai kegiatan lainnya.

Para negara anggota Uni Eropa akan menyelenggarakan pula acara budaya untuk memperkenalkan seni dari Eropa, antara lain konser biola dari Republik Ceko dan konser jazz dari Italia.
 
Hari Eropa, yang diperingati setiap tanggal 9 Mei, merupakan perayaan perdamaian dan persatuan Eropa. Tanggal ini memperingati peristiwa bersejarah yakni 'Deklarasi Schuman'.

Dalam pidatonya di Paris pada 1950, Robert Schuman, yang kala itu merupakan menteri luar negeri Prancis, mengutarakan gagasannya tentang bentuk baru dari kerjasama politik di Eropa sehingga meniadakan kemungkinan terjadinya kembali perang diantara negara-negara Eropa.

Visinya adalah membentuk lembaga Eropa untuk mengelola produksi batubara dan baja. Traktat pembentukan lembaga tersebut ditandatangani kurang dari setahun kemudian. Proposal Schuman ini merupakan cikal-bakal dari Uni Eropa yang dikenal dewasa ini.

Menyambut Hari Eropa, berbagai institusi Uni Eropa membuka pintu mereka untuk umum di awal Mei di kota Brussels dan Strasbourg. Kantor-kantor Uni Eropa yang terdapat di Eropa maupun yang tersebar di seluruh dunia menyelenggarakan pula kegiatan dan acara untuk berbagai umur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper