Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapura: Kapal Nonmiliter dalam Klaim Teritorial Bisa Picu Bentrok

Kementerian Pertahanan Singapura menyebutkan terdapat resiko bentrok dengan kapal non militer di Laut China Selatan menyusul tindakan China yang mengerahkan lebih banyak penjaga pantai bersenjata lengkap.
Laut China Selatan/Ilustrasi-military.com
Laut China Selatan/Ilustrasi-military.com

Kabar24.com,JAKARTA - Kementerian Pertahanan Singapura menyebutkan terdapat risiko bentrok dengan kapal nonmiliter di Laut China Selatan menyusul tindakan China yang mengerahkan lebih banyak penjaga pantai bersenjata lengkap.

Singapura bergabung dengan negara-negara lain di wilayah tersebut serta Amerika dalam memperingatkan ketergantungan akan kapal nelayan dan kapal penjaga pantai guna menegaskan klaim teritorial. Di Laut China Selatan berpotensi tinggi menimbulkan kejadian tak diinginkan.

Belakangan ini, China menggerakkan armada yang disebut kapal lambung putih untuk mengejar dan mengusir kapal-kapal, termasuk kapal penangkap ikan milik negara lain dari daerah karang yang diklaim Negeri Tirai Bambu tersebut.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen menyebutkan keprihatinan negara-negara yang kapalnya melalui daerah Laut China Selatan saat ini adalah bagaimana untuk mengembangkan proses guna meredakan insiden yang terjadi.

"Sebenarnya hal ini tidak terlalu berhubungan demgan kapal militer. Namun, insiden bisa terjadi akibat penangkapan ikan dan kapal kapal berlambung putih," sebut Ng di sela-sela pertemuan menteri pertahanan Asia Tenggara dan Amerika di Hawaii seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (3/10/2016).

Ng mengatakan pihaknya tidak termasuk sebagai pengklaim dan China bukanlah ancaman bagi negaranya.

Namun, Singapura tetap menyerukan agar negara-negara terlibat mengurangi ketegangan dan agar negara-negara Asean mengambil langkah pendekatan dengam lebih bersatu padu guna mencari jalan keluar masalah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper