Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Perkuat Jaringan Sulawesi

PT XL Axiata TBK (XL) memperkuat jaringan di Sulawesi Utara dengan melakukan pembangunan infrastruktur jaringan fiber optik, pembangunan jaringan 4G LTE dan pemanfaatan spektrum frekuensi 900 MHz untuk layanan 3G.
XL Axiata/JIBI
XL Axiata/JIBI

Kabar24.com, MANADO— PT XL Axiata TBK (XL) memperkuat jaringan di Sulawesi Utara dengan melakukan pembangunan infrastruktur jaringan fiber optik, pembangunan jaringan 4G LTE dan pemanfaatan spektrum frekuensi 900 MHz untuk layanan 3G.  

Head of XL North Handono Warih mengatakan pihaknya berupaya jaringanXL mampu mendukung percepatan pembangunan ekonomi di seluruh provinsi yang ada di Sulawesi, mengingat daerah ini memiliki potensi besar untuk pasar layanan telekomunikasi dan data ke depan.

“Karena itulah kami optimis, secara bisnis wilayah ini cukup menjanjikan dan kami pun tak ragu untukmeningkatkan pembangunan infrastruktur jaringan di sana, sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar yang ada,” tuturnya, Kamis (22/9)

Jaringan XL di Sulawesi telah menjangkau 58 kabupaten yang tersebar di  4 provinsi. Saat ini, jumlah total BTS yang ada di seluruh Sulawesi mencapai lebih dari 1.850 unit, dengan 40% di antaranya merupakan BTS 3G & 4G.

Sementara itu, untuk jaringan backbone fiber optic (FO) sepanjang total 4.150 km telah menopang layanan data untuk sekitar 1,2 juta pelanggan. Sekitar 23% pelanggan di pulau itu merupakan pelanggan layanan Data, yang menuntut jaringan yang berkualitas.

Handono menambahkan sejumlah area baru yang tahun ini mulaimendapatkan layanan internet cepat 3G antara lain Kab Enrekang, Muna, Buton, Kolaka Utara, Parigi Moutong, Tojo Una-Una, dan Bolaang Mongondow.

Manado sendiri, menjadi kota pertama di Sulawesi yang telah mendapatkan layanan 4G LTE dari XL. Ibu Kota Sulawesi Utara tersebut memiliki total jumlah pelanggan sebanyak 85 ribu, sekitar 23% di antaranya merupakan pelanggan 4G.

“Jumlah pelanggan 4G di Kota Manado terus meningkat sejak layanan 4G resmi tersedia di sini. Sebagai gambaran, terhitung sejak Desember 2015 – Agustus 2016 terjadi kenaikan hingga 870%,” ujarnya.

Saat ini, khusus di kota ini saja, trafik Data per hari rata-rata lebih dari 2 Terabyte. Tingginya akses Data pada pelanggan di Manado ini pula yang antara lain mendasari implementasi layanan 4G di Manado oleh XL.

Selain Manado, kota berikutnya di Sulawesi yang akan mendapatkan layanan 4G LTE adalah kota Makassar pada November 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper