Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Pendaki Semeru Asal Cirebon yang Hilang Ditemukan, Begini Kondisinya

Dua pendaki asal Cirebon yang sempat hilang selama empat hari di Gunung Semeru sudah ditemukan Selasa sore, 24 Mei 2016, pukul 16.05 WIB.
Pendaki Gunung Semeru/Ilustrasi-Antara
Pendaki Gunung Semeru/Ilustrasi-Antara

Kabar24.com, LUMAJANG - Dua pendaki asal Cirebon yang sempat hilang selama empat hari di Gunung Semeru sudah ditemukan Selasa (24/5/2016) sore, pukul 16.05 WIB. Kedua pendaki itu ditemukan tim dalam kondisi lemas di atas puncak bukit Boto, Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kedua penyintas itu adalah Supyadi, 26 tahun, warga Blok 4 Tegal Lempuyangan Lor, Tegal Gubug, Cirebon; dan Zirli Gita Ayu Savitri, 16 tahun, pelajar, warga Desa Bojong Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon. Mereka berhasil dievakuasi dan tiba di Pos Tawonsongo pada Selasa malam, sekitar pukul 22.00 WIB.

Komandan tim SAR dari Basarnas Cabang Jember, Irwan Feri, menceritakan bagaimana timnya berhasil menemukan dua pendaki tersebut. Menurut Irwan, tim SAR sudah mendeteksi keberadaan keduanya sejak Senim malam, 23 Mei, sekitar pukul 21.00 WIB.

"Kami sudah mendengar teriakan suara dari survivor, hanya sekali saja. Baru Selasa pagi, sekitar pukul 05.00 WIB, kami melanjutkan pencarian," katanya.

Pencarian dua penyintas ini tidak mudah karena harus melewati dua air terjun dan dua bukit. "Sambil berteriak sesekali dan kemudian dibalas teriakan survivor.”

Akhirnya, kedua pendaki ditemukan di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Saat ditemukan, mereka tengah terdiam di puncak bukit Boto dengan kondisi lemas dan kaki luka lecet sehingga tidak bisa berjalan. “Posisinya di atas bukit," katanya. Kemiringan mencapai 80 derajat.

Menurut Irwan, kedua pendaki mengalami luka karena sering terjatuh dalam perjalanan yang melewati air terjun dan daerah Blank 27. Selain itu, mereka juga kehabisan logistik dan harus bertahan dengan memakan rebung pohon pisang serta pakis. Dalam evakuasi, kedua survivor sempat ditandu sebelum kemudian 12 unit kendaraan motor trail menjemput untuk dibawa ke Pos Tawonsongo.

Operasi SAR di Tawonsongo ini melibatkan Basarnas Cabang Jember, SAR Kabupaten Lumajang, Tim Reaksi Cepat BPBD Lumajang, pecinta alam, serta warga sekitar. Kedua pendaki itu berangkat dari Desa Ranupani, Selasa, 17 Mei 2016, bersama empat orang lainnya, yakni Sukron sebagai ketua rombongan, Ahmad Khaerudin, Lindianasari, dan Rizatul Rizki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper