Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL (UN): Seluruh Siswa SLTA Peserta di Bantul Lulus

Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan seluruh murid kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang mengikuti ujian nasional tahun ini lulus sekolah.
Lulus SLTA. /Bisnis.com
Lulus SLTA. /Bisnis.com

Kabar24.com, BANTUL - Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan seluruh murid kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat yang mengikuti ujian nasional tahun ini lulus sekolah.

"Lulus 100%, Bantul juga mendapat peringkat satu se-DIY untuk rata-rata nilai UN program IPS," kata Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Bantul, Masharun Ghozalie, Sabtu (7/5/2016).

Nilai ujian nasional merupakan salah satu komponen penentu kelulusan selain nilai ujian sekolah dan nilai harian siswa.

Data Dinas Pendidikan menunjukkan SMA Negeri 1 Bantul menjadi sekolah dengan nilai ujian program Ilmu Pengetahuan Sosial tertinggi se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan nilai rata-rata 80,00 dan sekolah dengan nilai ujian Ilmu Pengetahuan Alam tertinggi kelima se-DIY dengan rata-rata nilai 72,57.

Masharun berharap tingkat kelulusan yang tinggi diikuti dengan kenaikan tingkat pendaftaran ke perguruan tinggi.

Pada 2015, pelajar SMA di Bantul yang melanjutkan ke perguruan tinggi sekitar 78 persen dan pada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang meneruskan ke jenjang perkuliahan 17%.

Masharun mengatakan lulusan SMK memang disiapkan untuk memasuki dunia kerja dan menyebut serapan ke dunia usaha pada 2015 sekitar 72%.

"Tentu harapannya lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi bisa meningkat, sementara yang lulusan SMK juga bisa bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil bekerja," katanya.

Dia juga mengingatkan para pelajar yang baru lulus tidak merayakan kelulusan mereka secara berlebihan.

"Jangan sampai ada konvoi kendaaan dan corat coret. Kalau itu terjadi dan mengganggu ketertiban itu ranah kepolisian yang menindak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper