Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DANA DESA: Para Kades Diminta Segera Selesaikan APBDes

Para kepala desa diminta untuk segera menyelesaikan penyusunan anggaran perencanaan belanja desa (APBDes)-nya, agar kabupaten/kota setempat dapat segera menyalurkan kucuran APBN Dana Desa 2016.
Menteri Desa Marwan Jakfar. /
Menteri Desa Marwan Jakfar. /

Bisnis.com, GORONTALO UTARA - Para kepala desa diminta untuk segera menyelesaikan penyusunan anggaran perencanaan belanja desa (APBDes)-nya, agar kabupaten/kota setempat dapat segera menyalurkan kucuran APBN Dana Desa 2016.

Pasalnya selama perjalanan Tim Jelajah Desa Nusantara 2016 di Pulau Sulawesi menemukan sejumlah fakta hingga saat ini masih terdapat sejumlah desa yang belum menerima kucuran Dana Desa 2016, lantaran tertahan di kas daerah kabupaten/kota setempat.

Hal tersebut juga ditemui Direktur Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi, Kemendesa PDTT, Ratna Dewi Adriani saat sosialisasi dengan sejumlah kepala desa di Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (3/5/2016).

"Ini ada banyak kepala desa yang mengaku belum menerima kucuran Dana Desa 2016, padahal harusnya kan akhir Maret 2016 sudah tersalurkan sebesar 60%," tuturnya, Rabu (3/5/2016).

Ratna pun mengakui ternyata masih terdapat kendala yang ditemui, yakni para kepala desa belum menyelesaikan penyusunan APBDes-nya.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengakui bahwa hingga saat ini belum meneruskan penyaluran apbn itu kepada seluruh desa-desa di wilayahnya, meskipun dana tersebut sudah masuk di kas daerah.

"Iya memang belum semua desa menerima transferan, karena memang menunggu selesainya perencanaan dari sejumlah desa itu,"ujarnya.

Menurutnya yang perencanaan dari desanya sudah selesai pasti langsung dikucurkan. Penundaan pengucuran ke desa itu dilakukan demi tertib administrasi dan prinsip kehati-hatian.

"Semua dananya sudah di kas daerah, dan kalau semua perencanaan dari desa itu selesai, saya jamin seminggu ini tersalurkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper