Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UGM Berlaga di Kompetensi Pajak Internasional

ASEAN Deloitte Tax Challenge kembali digelar. Setelah melewati kompetisi yang panjang di Jakarta, akhirnya mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi juara dalam individual category dan mewakili Indonesia ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2526 Februari di ajang Deloitte Tax Challenge 2016.
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id

Kabar24.com, JAKARTA—ASEAN Deloitte Tax Challenge kembali digelar. Setelah melewati kompetisi yang panjang di Jakarta, akhirnya mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi juara dalam individual category dan mewakili Indonesia ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada 25–26 Februari di ajang Deloitte Tax Challenge 2016.

Juara tersebut diraih oleh Samuel Edwardo. Mahasiswa UGM angkatan 2013 tersebut akan menjadi wakil Indonesia di Negeri Jiran. Selain meraih juara I, UGM juga berhasil mendapat predikat runner-up II dalam team category. Mereka adalah Angela Yona, Johannes Juan, Achmad Masyhadul Amin, dan Karina Paramitha.

Deloitte Tax Challenge 2016 sendiri merupakan sebuah kompetensi pajak yang diselenggarakan di kantor akuntan publik terbesar. Selain itu, kompetensi ini juga dibagi menjadi dua katagori yakni secara individual dan tim.

"Kompetisi dimulai dengan seleksi dokumen (berkas). Peserta yang lulus dari seleksi berkas mendapat invitasi untuk berkompetisi secara langsung di Kantor Deloitte Indonesia pada 13 Januari 2016,” ungkap Ketua Departemen Akuntansi FEB UGM Mahfud Solihin,  seperti dikutip dari laman resmi UGM, Jumat (12/2/2016).

Mahasiswa yang ikut berkompetisi berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Binus, Unpad, sampai Universitas Brawijaya. Dalam kompetisi tersebut, mahasiswa dihadapkan pada kasus-kasus pajak di Indonesia serta internasional, kemudian mereka akan mengerjakannya selama tiga jam.

"Hasil pembahasan kasus itu selanjutnya dituangkan dalam bentuk Power Point dan paper. Setelah itu, peserta harus mempresentasikan analisis mereka selama 10 menit di hadapan tiga panelis yang merupakan partner dan director dari Deloitte Tax Solutions," ujarnya.

Mahfud menjelaskan, pada babak penyisihan akan diambil sebanyak empat peserta. Mereka berasal dari individual category serta lima team kategory.

“Dari babak penyisihan, diambil empat peserta dari individual category dan lima kelompok dari team category untuk melangkah ke babak final pada 3 Februari di Kantor Deloitte Indonesia, Jakarta,” imbuhnya.

Dengan keberhasilan mahasiswanya meraih gelar juara serta bisa mewakili Indonesia ke Malaysia, menunjukkan UGM memiliki departemen akuntansi terbaik di Indonesia.

“Ini membuktikan bahwa Departemen Akuntansi UGM merupakan yang terbaik di Indonesia, sehingga FEB UGM memang layak mendapat akreditasi AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business),” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper