Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadhan, BI Purwokerto Siapkan Uang Tunai Rp3,8 Triliun

Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Purwokerto, menyiapkan uang tunai hingga Rp3,8 triliun guna mengantisipasi lonjakan permintaan dana masyarakat di wilayah Eks-Karesidenan Banyumas jelang bulan Ramadhan.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bisnis.com, PURWOKERTO - Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Purwokerto, menyiapkan uang tunai hingga Rp3,8 triliun guna mengantisipasi lonjakan permintaan dana masyarakat di wilayah Eks-Karesidenan Banyumas jelang bulan Ramadhan.
 
Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto Rahmat Hernowo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh lembaga perbankan di empat wilayah Eks-Karesidenan Banyumas, yakni Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, dan Purbalingga, terkait proyeksi tingkat permintaan dana tunai pada Ramadhan tahun ini.
 
Menurutnya, tingkat permintaan pada tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan Ramadhan 2014.
 
"Menjelang Ramadhan kami mempersiapkan uang tunai karena memang kebutuhan uang tunai naik. Kami sudah koordinasi dengan perbankan dan nominalnya kira-kira Rp3,8 triliun untuk Banyumas raya," ujarnya, Senin (25/5/2015).
 
Rahmat menuturkan jumlah persediaan yang dipatok tersebut akan cukup untuk memenuhi permintaan. Pasalnya, pada tahun lalu realisasi permintaan uang tunai di empat kabupaten tersebut mencapai Rp2,85 triliun.
 
Padahal, dia mengungkapkan pada tahun lalu pihaknya memproyeksikan permintaan masyarakat mencapai Rp3,2 triliun. "Rasa-rasanya jumlah itu cukup, karena pada tahun lalu dengan proyeksi permintaah Rp3,2 trilun, realisasi Rp2,85 triliun."
 
Rahmat menuturkan pihaknya memperkirakan realisasi permintaan dana tunai mencapai Rp3,5 triliun. Karena itu, dia menyakatakan jumlah dana yang disiapkan pada tahun ini sudah cukup memadai.
 
"Tahun ini perkiraan kami paling di kisaran Rp3,4 triliun hingga Rp3,5 triliun," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper