Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TKI Sudah Dipenggal Mati di Arab Saudi, Pemerintah RI Baru Protes

Seorang tenaga kerja asal Indonesia Siti Siti Zaenab binti Duhri Rupa hari ini dihukum pancung di Madinah. Merasa tak mendapat informasi resmi soal eksekusi tersebut, pemerintah RI pun memprotes Arab Saudi.
TKI/Ilustrasi
TKI/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang tenaga kerja asal Indonesia Siti Siti Zaenab binti Duhri Rupa hari ini dihukum pancung di Madinah. Merasa tak mendapat informasi resmi soal eksekusi tersebut, pemerintah RI pun memprotes Arab Saudi.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan protes kepada Pemerintah Arab Saudi karena tidak menyampaikan notifikasi kepada Perwakilan RI maupun kepada keluarga mengenai waktu pelaksanaan hukuman mati tersebut," tulis Kementerian Luar Negeri dalam rilis yang diterima, Selasa (14/4/2015) malam.

Siti Zaenab dieksekusi mati pada pukul 10.00 waktu setempat di Madinah. Namun, pelaksanaan hukuman pancung itu tidak diberitahukan sebelumnya oleh pemerintah Arab Saudi.

Konsulat Jenderal RI di Jeddah menerima informasi tersebut dari pengacara Khudran Al Zahrani pada pukul 14.00 WIB.

Pemerintah Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam kepada sanak keluarga Siti yang merupakan warga Bangkalan, Pulau Madura.

Sebagai informasi, Siti Zaenab divonis hukuman pancung oleh pengadilan Arab Saudi pada Juli 2010 lalu karena kasus kriminal. Perempuan kelahiran 12 Maret 1968 itu dinilai terbukti membunuh majikan perempuannya Nurah binti Abdullah.

Dia ditahan di Penjara Umum Madinah sejak 5 Oktober 1999. Berbagai upaya sempat dilakukan untuk menghindarkan Siti dari vonis mati.

Di antaranya adalah lobi yang dilakukan tiga Presiden RI yakni Abdurrahman Wahid (2000), SBY (2011) dan Joko Widodo (2015). Ketiganya pernah mengirimkan surat resmi kepada Raja Saudi yang berisi permohonan agar Raja Arab Saudi memberikan pemaafan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper