Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Berambisi Sulap Daerah Transmigrasi Jadi Lumbung Pangan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan lahan transmigrasi dapat menjadi lumbung pangan nasional.
Marwan Jafar/Antara
Marwan Jafar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan lahan transmigrasi dapat menjadi lumbung pangan nasional.

"Target Presiden Jokowi mewujudkan swasembada pangan tiga tahun bisa dicapai lebih cepat, karena Indonesia sebagai negara agraris memiliki potensi dan sumber daya yang sangat mendukung," ujar Marwan di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Lahan transmigrasi, lanjut dia, bisa mendukung bahkan mempercepat pencapaian target swasembada pangan tiga tahun sebagaimana dicanangkan Presiden. "Sehingga kita tidak perlu impor lagi untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat," kata dia.

Marwan sangat antusias dan siap bekerja keras untuk mpercepat terwujudnya target Presiden tersebut. Selama ini kawasan transmigrasi yang tersebar di luar Jawa sebenarnya telah cukup berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pangan daerah dan nasional.

Kawasan transmigrasi di Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan kawasan lainnya selama ini telah menjadi sentra- sentra produksi pangan.

Hasil produksinya selain untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah setempat dan sekitarnya juga dikirim ke berbagai daerah di Jawa yang padat penduduknya.

"Jika kita bisa mengoptimalkan potensi lahan di kawasan transmigrasi, kita dukung benih unggul, pupuk, peralatan, teknologi, pendampingan, penyuluhan, saya optimistis kawasan transmigrasi bisa menjadi lumbung pangan penting untuk mempercepat target Presiden Jokowi dalam mewujudkan swasembada pangan nasional," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper