Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Diguyur Hujan, Warga Diminta Waspada Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Bogor mengingatkan agar masyarakat dan pengguna jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat waspada terhadap bencana longsor.
Ilustrasi-Kemacetan di jalur Puncak/Antara
Ilustrasi-Kemacetan di jalur Puncak/Antara

Kabar24.com, BOGOR- Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Bogor mengingatkan agar masyarakat dan pengguna jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat tetap waspada longsor saat liburan Tahun Baru 2015.

"Masyarakat dan pengguna jalur Puncak harus ekstra hati-hati," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Sabtu (27/12/2014).

Dia menjelaskan, Jumat (26/12/2014) sore, jalan raya Puncak di dekat Riung Gunung terjadi tanah longsor sehingga menutupi sebagian badan jalan serta menumbangkan sebuah pohon. Namun, kata dia, Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu

Sedangkan di RT 02 RW 04, Kampung Caringin, Desa Tugu Utara, Puncak, Kabupaten Bogor, satu orang dilaporkan tertimbun tanah longsor akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut sejak Jumat sore.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo, mengatakan korban diduga tertimbun material longsor yang menimpa rumahnya.

"Korban sudah ditemukan oleh tim SAR BPBD yang dibantu warga yang lainnya. Kini korban sudah disemayangkan di rumah kerabat di daerah Caringin,"katanya.

Budi menambahkan, curah hujan tinggi yang melanda kawasan Puncak menjadi penyebab bencana itu. Selama sepekan terakhir, kata Budi, hujan kerap turun pada sore hingga malam.

"Kami sudah menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) di setiap lokasi yang berpotensi mengalami bencana, termasuk di wilayah Puncak. Kami meminta agar masyarakat juga berhati-hati menghadapi musim hujan saat ini. Segera lapor jika terjadi sesuatu hal yang membahayakan," ujarnya.

Budi mengatakan, menurut BMKG Pusat puncak hujan akan terjadi sekarang dan awal tahun 2015 di daerah kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi longsor sudah dalam penanganan petugas dan jalur Puncak tetap bisa dilalui kendaraan. Namun, kondisi cuaca di wilayah kabupaten Bogor mendung dan beberapa wilayah sudah turun hujan. (Antara)

 

BACA JUGA:

Mesir Larang Pemutaran Film Exodus: Gods and Kings

5 Tips Alami Mengatasi Kerontokan Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper