Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR NATAL: Bandara SSK II Pekanbaru Siapkan Posko

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mulai bersiap menghadapi lonjakan penumpang yang diprediksi berlangsung H-2 Natal.

Bisnis.com, PEKANBARU – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mulai bersiap menghadapi lonjakan penumpang yang diprediksi berlangsung H-2 Natal.

Airport Duty Manager SSK II Baiquni mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya dalam menghadapi musim liburan dan perayaan hari besar keagamaan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Provinsi Riau akan membuka posko bersama.

“Posko bersama ini rencananya akan dibuka sejak 23 Desember 2014 sampai 3 Januari 2015 mendatang. Dengan adanya posko ini kami berharap dapat memberikan pelayanan maksimal dan memberikan rasa aman kepada penumpang yang menggunakan jasa bandara,” katanya, Rabu (17/12/2014).

Hingga saat ini, belum ada lonjakan penumpang yang melewati Bandara SSK II Pekanbaru. Menurut Baiquni, peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi H-2 libur Natal sampai akhir tahun hingga memasuki tahun baru.

Setiap harinya tercatat sebanyak 6.000 hingga 7.500 penumpang menggunakan jasa bandara di Kota Bertuah ini. Khusus di hari Natal dan Tahun Baru 2015, diprediksi terjadi lonjakan penumpang hingga 15% dibandingkan hari biasa.

Berdasarkan data pengelola, ada 10 maskapai penerbangan yang melayani penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru. Maskapai tersebut adalah Air Asia, Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Nusantara Air, Fire Fly, Susi Air, Silk Air, dan Pelita Air.

Distric Manager Citilink Pekanbaru Ridwan mengatakan sudah ada peningkatan jumlah penumpang yang memesan tiket di maskapai tersebut sejak 15 Desember lalu.

“Kami prediksi peningkatan penumpang ini akan terus terjadi. Puncaknya mugkin berlangsung 22 Desember dan 24 Desember. Kenaikannya kira-kira 15%,” katanya.

Beberapa tujuan utama penumpang asal Pekanbaru yang menggunakan Citilink yaitu kota-kota di Pulau Jawa dan Kota Batam, Kepulauan Riau. Bahkan untuk beberapa rute seperti Pekanbaru – Yogyakarta sudah habis dipesan (full booked) dari tanggal 20 Desember sampai 26 Desember.

Menurutnya, membludaknya penumpang dengan rute kota-kota di Pulau Jawa dikarenakan layanan penerbangan yang mereka tawarkan adalah layanan langsung (direct flight).

“Layanan yang kami berikan ini memberikan kemudahan kepada penumpang, yaitu mereka tidak perlu transit di Bandara Soekarno Hatta tapi langsung ke kota tujuannya, seperti Yogyakarta dan Surabaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper