Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INOVASI TEKNOLOGI: Mahasiswa UB Ciptakan Stopkontak Berteknologi Bluetooth

Tiga mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (PTIIK UB) Malang berhasil menciptakan stopkontak hemat energi yang diberinama Stomoklis.
Mahasiswa pembuat stomoklis/ub.ac.id
Mahasiswa pembuat stomoklis/ub.ac.id

Bisnis.com, MALANG-Tiga mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (PTIIK UB) Malang berhasil menciptakan stopkontak hemat energi yang diberinama Stomoklis.

Stopkontak berbasis mobile listrik tersebut adalah karya Alvin Leonardo, Ahmad Faris Adhnaufal, dan Merry Dewi Putri.

Stomoklis merupakan stopkontak yang dapat dikendalikan melalui smartphone dengan memanfaatkan teknologi bluetooth.

Dosen pembimbing PTIIK UB Malang, Gembong Edhi Setyawan, mengatakan Stomoklis terdiri atas beberapa komponen penting yakni stopkontak khusus yang disambungkan pada relay dan mikrokontroler ATMEGA 168 serta software pengendali Stomoklis yang dapat dioperasikan pada smartphone.

“Sistem pada software Stomoklis yang dioperasikan melalui smartphone dibuat untuk mampu membaca kondisi stopkontak yang terhubung dengan mikrokontroller,” kata Gembong, Selasa (16/12/2014).

Dari situ, pengguna dapat mengetahui alat elektronik mana saja di dalam rumah yang masih menyala.

Melalui software Stomoklis pada smartphone, pengguna juga bisa memberikan perintah menyambungkan atau memutus arus listrik pada stopkontak selama jarak mikrokontroller dan smartphone masih dalam jangkauan jarak maksimum bluetooth.

Stomoklis awalnya merupakan hasil proyek kelas mata kuliah sistem digital yang kemudian dikembangkan sampai menjadi seperti saat ini.

Stomoklis juga menyediakan dua mode waktu yang dapat dimanfaatkan pengguna dalam mengendalikan stopkontak yaitu mode coutdown dan alarm.

“Mode countdown memungkinkan pengguna untuk menyambung dan memutuskan arus listrik pada stopkontak setelah beberapa menit dikendalikan. Sedangkan mode alarm memungkinkan pengguna untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik pada waktu yang telah ditentukan,” jelas Gembong.

Pengaturan waktu akan mengikuti waktu pada smartphone atau yang disebut synchronize-time.

Penyimpanan waktu menggunakan komponen RTC (Real Time Clock) dengan IC DS-1307.

Mikrokontroler berperan untuk berkomunikasi melalui bluetooth, mengambil waktu dari RTC dan mengendalikan arus pada relay.

Mode waktu yang disematkan pada Stomoklis tersebut dapat membantu penggunanya mengatur pembatasan listrik.

Keuntungan tersebut dapat digunakan bagi orang tua yang ingin membatasi penggunaan daya listrik pada benda-benda elektronik yang digunakan oleh anak-anak.

“Rencana ke depan Stomoklis akan dikembangkan lagi dengan fokus memperluas jangkauan kendali dan perbaikan kemasan produk. Rencananya akan kita kembangkan dengan teknologi SMS gateway atau internet untuk memperluas jangkauan kendalinya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper