Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemburu Uang Lama Kini Terus Terjadi

Alasan orang-orang yang membeli uang lama beragam, ada yang untuk dikoleksi dan ada sebagai mahar pernikahan. Di Pasar Baru, mereka dapat membeli berbagai jenis uang lama tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – Alasan orang-orang yang membeli uang lama beragam, ada yang  untuk dikoleksi dan ada  sebagai mahar pernikahan. Di  Pasar Baru, mereka dapat membeli berbagai jenis uang lama tersebut.

Jafli, salah satu pedagang uang lama di Pasar Baru, Jakarta Pusat  mengatakan, pembeli uang lama lebih banyak dibandingkan dengan penjual. Jika orang yang menjual uang lama dalam sebulan mencapai  sepuluh orang,  orang-orang yang membeli jauh di atas angka itu.

Alasan orang-orang untuk membeli uang lama berbeda-beda. Ada yang karena  mengoleksi dan suka dengan uang tersebut. Ada juga yang menjadikannya sebagai mahar untuk pernikahan. “Kadang-kadang yang beli  juga artis,” katanya di Jakarta, Sabtu (13/12/2014)

Freddy, salah satu kolektor uang lama asal Medan mengatakan, dari kecil sangat suka menyimpan setiap uang baru yang keluar. “Dimasukkan ke dalam buku diari,” katanya. Kebiasaan itu  kemudian membuat koleksi uangnya terus bertambah. Atau saat jalan-jalan seperti saat  ini ke Pasar Baru, terkadang, ia iseng membelinya.

Pria yang juga mengoleksi perangko itu, untuk melengkapi koleksinya  dia pun bahkan sampai pergi ke Surabaya untuk mengambil selembar uang  Indonesia pecahan 2 ½ rupiah agar tidak terlipat dan hilang. “Harganya Rp75.000,” tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper