Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOLEKTOR UANG KUNO: Karena Cinta Hingga Investasi

Sejak dulu hingga kini, di Indonesia, para kolektor uang lama, tak kunjung surut. Bahkan, oleh sebagian kolektor, bukan sekadar hobi. Lebih dari itu, juga dianggap investasi.

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak dulu hingga kini, di Indonesia, para kolektor uang lama, tak kunjung surut. Bahkan, oleh sebagian  kolektor, bukan sekadar hobi. Lebih dari itu, juga dianggap investasi.

“Dulu papah jajan pakai uang ini,” kata salah seorang kolektor uang jadul (jaman dulu) Freddy  di Jakarta, Sabtu (13/12/2014) sambil menunjuk uang logam Rp10.

Uang yang dikoleksi pria yang satu ini, tidak main-main. Hampir semua jenis uang yang dikategorikan jadul, sudah dimiliknya. Bahkan dia tidak segan-segan, untuk memburu  koleksinya, harus mengeluarkan ongkos yang lebih besar dari nilai uang itu sendiri.

Pernah suatu kali, ia harus pergi ke Surabaya, Jawa Timur, dari Medan untuk mendapatkan pecahan uang Rp2,5. Untuk mendapatkan uang itu, dia harus mengeluarkan uang  Rp75.000. “Dibandingkan dengan ongkosnya, iya [tidak sesuai]. Tapi, kalau dilelang, semua orang akan datang [untuk membeli],” katanya.

Mengoleksi uang lama merupakan hobi sekaligus investasi bagi Freddy.  Pria yang juga mengoleksi perangko itu, mengatakan untuk mendapatkan uang lama yang belumdi milikinya, dia pun melakukan penjelajahan melalui  internet. Bahkan harus  mendatangi tempat atau orang yang menjual uang kuno itu.

Kecintaan Freddy dengan uang lama, dimulai sejak kecil. Sejak masih kana-kanak, dirinya  mengoleksi setiap ada uang baru yang keluar. Caranya, memasukkan  uang itu ke dalam buku diari. "Biar engga rusak aja.... " katanya.

Lambat laun, semua uang itu,  kini menjadi koleksi uang lamanya. Pria yang membeli beberapa uang logam lama di Pasar Baru Jakarta, kini memajang koleksinya dengan menggunakan bingkai. “Dimasukkan dalam plastik, belakangnya pakai double tip,” tambahnya.

Saat ini, ia mengaku memiliki hampir seluruh uang Indonesia sejak jaman Soekarno. Koleksinya hanya sebatas pada uang rupiah karena dia hanya menyukai rupiah. Bahkan, ia memiliki uang gambar Soeharto edisi  khusus yang ada hologramnya. Saat ini, yang belum ia miliki adalah uang NKRI yang baru saja dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper