Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1 Kapal Patroli Bakorkamla Buatan Batam Dikerahkan Bantu Pengamanan KTT APEC

Bisnis.com, BATAM – Salah satu kapal patroli terbaru milik Bakorkamla yang diproduksi di Kota Batam, Provinsi Kepri, akan dikerahkan membantu pengamanan laut dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Nusa Dua,Bali, pada Oktober

Bisnis.com, BATAM – Salah satu kapal patroli terbaru milik Bakorkamla yang diproduksi di Kota Batam, Provinsi Kepri, akan dikerahkan membantu pengamanan laut dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Nusa Dua,Bali, pada Oktober 2013 mendatang.

Bambang Suwarto, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) mengatakan salah satu dari kedua kapal terbaru milik badan itu akan berada di Selat Lombok dalam rangka pengamanan KTT APEC.

“Satu kapal akan ke sana, yang 4802, menjadi kapal pengendalian informasi,” ujarnya usai meresmikan pengoperasian dua kapal patroli terbaru Bakorkamla di Kota Batam, Provinsi Kepri, Selasa (3/9/2013).

Bambang meresmikan pengoperasian dua kapal patroli Bakorkamla yang dibuat di Batam bernama KN Bintang Laut 4801 dan KN Singa Laut 4802.

Menurutnya, kehadiran kapal patroli tersebut memberi arti penting bagi pengamanan laut wilayah Bali mengingat KTT APEC 2013 menurut rencana akan dihadiri oleh 21 negara peserta APEC dan beberapa negara peninjau lainnya.

Selain itu, hajatan besar ini akan diliput oleh sekitar 3.000 wartawan dari dalam dan luar negeri.

Kedua kapal itu berkemampuan melaju dengan kecepatan 25 knot per jam dan mampu mengantisipasi cuaca yang terbilang ekstrim di laut.

Keduanya juga mampu bergerak hingga batas 200 mil laut (370 km) dari lepas pantai sehingga sangat efektif untuk pengamanan perairan laut Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper