Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa dan Dzikir Pagi Pembuka Rezeki dari Segala Arah

Bacaan dan amalan doa pembuka rezeki dari segala arah yang dibaca di pagi hari.
Doa pagi hari untuk membuka pintu rezeki./Bisnis.com
Doa pagi hari untuk membuka pintu rezeki./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Doa pagi pembuka rezeki menjadi amalan yang dianjurkan untuk mengawali hari dengan penuh keberkahan. Membaca doa dan dzikir pagi secara rutin dipercaya dapat membuka pintu rezeki dan memberikan perlindungan dari segala keburukan.

Dalam Islam, terdapat berbagai doa dan dzikir pagi yang disunnahkan, seperti Ayat Kursi, istighfar, dan doa meminta rezeki yang halal dan berkah. Amalan-amalan ini tidak hanya mendatangkan ketenangan, tetapi juga menjadi ikhtiar agar Allah SWT mempermudah segala urusan serta melimpahkan rezeki yang baik sepanjang hari.

Mencari rezeki tak hanya dilakukan dengan bekerja saja. Namun juga harus dibarengi doa yang khusuk kepada Allah SWT. Allah SWt pun akan melapangkan rezeki hambanya yang dikehendaki-Nya. Salah satu cara membuka pintu rezeki adalah dengan membaca doa di pagi hari.

Doa memohon untuk dibukakan pintu rezeki ini bisa diamalkan setiap waktu atau dibaca pada pagi hari sebelum berangkat kerja.

Meminta rezeki dengan cara berdoa juga bisa diamalkan setiap kali selesai mengerjakan sholat fardhu, dengan harapan agar Allah Swt senantiasa memberikan kemudahan dan kelapangan rezeki-Nya kepada kita.

Hal ini sesuai dengan firman di dalam Al-Qur’an surat At-Talaq ayat 3 yang berbunyi:

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu”.

Berikut ini doa pagi hari yang bisa diamalkan untuk membuka pintu rezeki dari segala arah, dikutip dari NU Online.

Doa Pagi Hari Pembuka Rezeki

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ اَنْوَاعِ الرِّزْقِ وَالْفُتُوْحَاتِ، بَابَاسِطَ الَّذِيْ يبَسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَآء بِغَيْرِ حِسَابٍ اُبْسُطْ عَلَيَّ رِزْقًا كَثِيْرًا مِنْ كُلِّ جِهَةٍ مِنْ خَزَائِنِ رِزْقِكَ بِغَيْرِ مِنَّةٍ مَخْلُوْقٍ بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Wahai Allah limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw; sebanyak aneka rupa rizqi. Wahai Dzat Yang Maha Meluaskan rizqi kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskan dan banyakanlah rizqiku dari segenap setiap penjuru dan perbendaharaan rizqi-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu jua. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau." 

Amalan Pembuka Rezeki Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Nabi Muhammad SAW meminta kepada sejumlah sahabatnya untuk mengamalkan doa di bawah ini untuk memperlancar rezeki di dunia.

Bacaan yang bisa diamalkan oleh umat muslim sesuai anjuran Rasulullah SAW yakni:

“La ilaha illallah. Almalikul haqqul mubin” setiap hari 100 kali.

“Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil adzim, astaghfirullahal adzim” setiap hari 100 kali.

Ulama meyakini bahwa bacaan tersebut baik dibaca saat di antara salat sunah Subuh dan Subuh. Selain itu, bacaan tersebut juga bisa dibaca di waktu setelah matahari gelincir (penanda Zhuhur).

Adapun rezeki yang dimaksud yakni mencakup rezeki lahir maupun batin. Artinya, umat muslim meminta Allah SWT untuk senantiasa memberikan mereka kelancaran dalam pekerjaan dan berkegiatan.

Kemudian doa dan amalan di atas juga dibaca untuk membuat seseorang terhindar dari keadaan sulit dan buruk.

Bacaan “La ilaha illallah. Almalikul haqqul mubin. Muhammadur Rasulullah Ash-shadiqul Wa‘dil Amin” merupakan kalimat yang tertera di pintu Ka‘bah.

Dijelaskan bahwa siapa yang membacanya, akan mendapat pahala yang besar. Demikian keterangan Mufti Jakarta Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya "Kitab Sifat Dua Puluh" dengan bahasa Arab Melayu. Wallahu A ‘lam.

Doa dan Dzikir Pagi Pembuka Rezeki

1. Ayat Kursi

Membaca Ayat Kursi setiap pagi diyakini dapat mendatangkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

2. Doa Memohon Ilmu, Rezeki, dan Amal yang Diterima

“Allahumma inni as-aluka 'ilman nafi’a, wa rizqon thoyyiba, wa 'amalan mutaqobbala.”

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima."

3. Istighfar

Memperbanyak bacaan "Astaghfirullah" setiap pagi dapat membuka pintu rezeki dan menghapus dosa.

4. Doa Meminta Kebaikan Hari Ini

“Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu.”

Artinya: "Ya Tuhanku, aku memohon kebaikan di hari ini dan hari-hari setelahnya, serta aku berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini dan hari-hari setelahnya."

5. Hauqalah

Membaca "La hawla wa la quwwata illa billah" sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kekuatan dan rezeki dari Allah.

Demikian bacaan doa dan dzikir pagi hari untuk membuka pintu rezeki dari berbagai arah. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper