Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Sumpah Pemuda dan Maknanya

Berikut ini sejarah Sumpah Pemuda dan makna Sumpah Pemuda yang sangat berarti bagi Indonesia.
Sejarah dan makna Sumpah Pemuda / Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Sejarah dan makna Sumpah Pemuda / Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Makna Sumpah Pemuda yang terjadi pada masa penjajahan Belanda tersebut masih relevan hingga saat ini.

Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar yang membakar semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, merupakan tonggak sejarah yang tak ternilai.

Diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928, Hari Sumpah Pemuda menjadi momen krusial dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Sejarah Sumpah Pemuda

Sebelum Sumpah Pemuda diikrarkan, semangat nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia sudah mulai tumbuh. Berbagai organisasi pemuda bermunculan di berbagai daerah, masing-masing dengan karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda.

Namun, ada satu hal yang menyatukan mereka yakni keinginan untuk menggerakkan seluruh pemuda Indonesia dalam satu tujuan: mencapai kemerdekaan!

Keresahan para pemuda itu mendorong berlangsungnya Kongres Pemuda I yang dilaksanakan 30 April-2 Mei 1926 dan dipimpin oleh Mohammad Tabrani. Kongres tersebut menemui kegagalan karena Mohammad Tabrani tidak setuju dengan usulan menggunakan Bahasa Melayu sebagai Bahasa Persatuan.

Meski demikian, ada keputusan yang dihasilkan dalam Kongres Pemuda I, yakni cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita seluruh pemuda Indonesia; dan seluruh perkumpulan pemuda berupaya untuk menggalang persatuan organisasi pemuda dalam suatu wadah.

Puncak dari pergerakan pemuda tersebut adalah berlangsungnya Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta.

Kongres Pemuda II dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPPI) yang dihadiri oleh berbagai organisasi pemuda dari seluruh Nusantara.

Dalam kongres tersebut, para pemuda berdiskusi dan merumuskan cita-cita bersama untuk bangsa Indonesia. Kongres Pemuda II ini juga menghasilkan Sumpah Pemuda yang hingga kini masih dipegang teguh.

Isi Sumpah Pemuda

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia dan masih relevan hingga saat ini.

Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah yang menyatukan seluruh pemuda Indonesia dalam satu tujuan, yaitu mencapai kemerdekaan.

Sumpah Pemuda juga menjadi dasar bagi terbentuknya identitas nasional bangsa Indonesia.

  • Satu Tanah Air: Kata "Tanah Air" dalam Sumpah Pemuda merujuk pada seluruh wilayah Nusantara yang beragam, dari Sabang sampai Merauke. Ini menegaskan bahwa seluruh wilayah Indonesia adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
  • Satu Bangsa: Istilah "bangsa Indonesia" menunjukkan adanya identitas nasional yang menyatukan seluruh rakyat Indonesia, terlepas dari latar belakang suku, agama, ras, dan golongan.
  • Satu Bahasa: Penegasan akan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan menunjukkan komitmen untuk membangun komunikasi yang efektif dan memperkuat rasa persatuan di antara seluruh rakyat Indonesia.

Itulah tadi sejarah sumpah pemuda dan maknanya dalam meningkatkan nasionalisme.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper