Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pesan Presiden China Xi Jinping ke Jokowi Sebelum Digantikan Prabowo

Presiden Xi Jinping menghargai persahabatan yang terjalin antara dirinya dengan Jokowi. Dia juga memiliki suatu keinginan.
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pesan Tahun Baru melalui China Media Group dan Internet pada Minggu malam (31/12/2023) di Beijing untuk menyambut Tahun Baru 2024. Dok Xinhuan
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pesan Tahun Baru melalui China Media Group dan Internet pada Minggu malam (31/12/2023) di Beijing untuk menyambut Tahun Baru 2024. Dok Xinhuan

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden China Han Zheng menyampaikan pesan dari Presiden Xi Jinping saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (19/10/2024). 

Han Zheng tiba di Indonesia untuk menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wakil presiden 2024–2029 besok, Minggu (20/10/2024. 

Saat bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Han Zheng mengungkap bahwa Xi Jinping mengutusnya sebagai representasi pemerintah negara tersebut. Dia juga mengungkap pesan Xi terkait dengan hubungan antara kedua negara, serta hubungan dengan Jokowi. 

"Presiden Xi Jinping sangat menginginkan hubungan dengan Indonesia, beliau juga menghargai persahabatan antara beliau dan Jokowi. Beliau khususnya menugaskan saya sebagai representatif," ujar Han melalui penerjemah di ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (19/10/2024). 

Pada kesempatan yang sama, Jokowi menilai kedatangan Han ke pelantikan Prabowo–Gibran menunjukkan kemitraan yang kuat antara dua negara itu. 

"Terima kasih atas kunjungannya menghadiri acara pelantikan Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih. Ini menunjukkan kemitraan yang kuat antara kedua negara," kata presiden yang besok akan mengakhiri masa jabatannya itu. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Han Zheng tiba di Istana Merdeka, Jakarta dan disambut oleh Presiden Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sabtu (19/10/2024), malam. 

Jokowi dan Han Zheng lalu berpindah memasuki ruangan Jepara untuk melakukan pertemuan bilateral bersama sejumlah pejabat pemerintahan Indonesia dan China. 

Sebelumnya, Han Zheng tiba di Indonesia setelah mendarat di Bandara Internasional Soekarno–Hatta, Tangerang, Banten sekitar pukul 17.00 WIB.

Wakil dari Presiden Xi Jinping itu menjadi salah satu tamu negara sahabat yang diundang untuk menghadiri pelantikan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wakil presiden 2024–2029 di Gedung MPR. 

Berdasarkan pemberitaan Bisnis sebelumnya, sebanyak 20 kepala negara dikonfirmasi akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI yang baru, Minggu (20/10/2024).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Rolliansyah Soemirat mengonfirmasi bahwa 20 tamu pada tingkat kepala negara akan hadir.

“Sekitar 20 tamu pada tingkat kepala negara atau kepala pemerintah atau wakilnya. Terdapat 18 tamu undangan pada tingkat menteri atau pejabat tinggi lainnya yang telah ditunjuk untuk menjadi utusan khusus dari negaranya,” katanya dalam keterangan kepada awak media, pada Jumat (18/10/2024).

Kedatangan 20 kepala negara tersebut sudah dimulai sejak Jumat sore (18/10/2024), yakni perwakilan dari Jerman di Bandara Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Adapun 18 kepala negara lainnya direncanakan akan tiba di Indonesia pada hari ini (19/10/2024) melalui dua bandara, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Lanud Halim Perdanakusuma.

Lebih terperinci, 18 kepala negara tersebut di antaranya dari Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, dan Papua Nugini, di Bandara Halim.

Sementara lainnya, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, China, Kamboja, Selandia Baru, Solomon island, Filipina, dan Korea Selatan, akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, hari ini, Sabtu (19/10/2024).

Kemudian, untuk perwakilan dari Singapura akan tiba di Tanah Air pada hari H pelantikan, di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (20/10/2024) pagi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper