Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Sebut HUT Ke-79 jadi Jembatan untuk TNI dan Rakyat

Jokowi menilai perayaan HUT Ke-79 TNI menunjukkan kedekatan antara institusi keamanan Negara dengan rakyat.
Warga berada di alutsista saat pawai HUT ke-79 TNI di kawasan Sudirman, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berada di alutsista saat pawai HUT ke-79 TNI di kawasan Sudirman, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) menunjukkan kedekatan antara institusi keamanan Negara dengan masyarakat agar kian harmoni.

“Ini menunjukkan betapa dekatnya TNI dengan rakyat dan itu adalah power. Itu adalah kekuatan besar negara kita. TNI dan rakyat menyatu. Saya kira poin yang saya liat itu,” ucapnya usai menghadiri acara peringatan HUT TNI ke-79 yang dilaksanakan di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Orang nomor satu di Indonesia itu pun mengaku bahwa tak banyak yang perlu diperbaiki di era Presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto itu terkait dengan keamanan Negara nantinya. 

“Memang masih banyak yang perlu dievaluasi. Diperbaiki. Namun, saya melihat progresnya sangat baik,” pungkas Jokowi.

Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara peringatan HUT Ke-79 TNI. 

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan upacara resmi pada pukul 07.30 WIB, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Rangkaian upacara mencakup pemeriksaan pasukan, pemberian penghargaan kepada tiga perwira tinggi TNI, serta penyampaian amanat Presiden.

Usai mengikuti upacara, Wapres didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menyaksikan serangkaian acara puncak peringatan HUT TNI. Berbagai penampilan dan atraksi spektakuler dipertontonkan, tidak hanya oleh para prajurit TNI, tetapi juga artis dan musisi papan atas. 

Penampilan dari prajurit TNI, meliputi demo bela diri, berkuda, atraksi dari Jupiter Aerobatic Team, terjun payung, Rajawali Laut Flight, demo anti-drone, defile pasukan dan alutsista, kirab alutsista bersama rakyat, drone theatrical, serta fly pass, boomerang, dan high-speed pass. 

Sementara penampilan lainnya dibawakan oleh bintang tamu dari artis dan musisi ternama, seperti; Dewa 19, Ari Lasso, Slank, hingga Raffi Ahmad.

Dalam kesempatan terpisah melalui rekaman video, Wapres menyampaikan bahwa TNI telah memberikan kontribusi besar selama 79 tahun kepada Tanah Air. 

TNI, menurut Ma’ruf Amin, telah berkembang menjadi institusi pertahanan modern, kuat, dan profesional yang tidak hanya menjaga kedaulatan bangsa, tetapi juga berperan dalam pembangunan nasional serta menjaga perdamaian dunia. 

"Dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, TNI harus terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, terutama dalam meningkatkan kapabilitas pertahanan menghadapi ancaman siber, peperangan asimetris, dan dinamika geopolitik," ujar Wapres Ke-13 RI itu. 

Sejalan dengan tema HUT TNI tahun ini, yaitu "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju", Wapres asal Tangerang itu optimis bahwa TNI akan terus menjadi pilar stabilitas dan keamanan dalam pembangunan nasional, termasuk dalam menyambut masa transisi pemerintahan.

"Menjelang pergantian pemerintahan pada bulan Oktober ini, saya berharap TNI semakin mantap dalam menjalankan perannya mengawal transisi kepemimpinan nasional secara damai dan aman. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada seluruh anggota TNI dalam menjalankan tugas mulianya," pungkas Ma’ruf.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper