Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delegasi RI Walkout dari Sidang PBB Saat PM Israel Naik Mimbar

Indonesia walkout dari ruangan Sidang ke-79 Majelis Umum PBB, di AS, saat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hendak berpidato, Jumat (27/9/2024).
Suasana ruang sidang PBB pada Jumat (27/9/2024)./istimewa
Suasana ruang sidang PBB pada Jumat (27/9/2024)./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Delegasi sejumlah negara, termasuk Indonesia walkout dari ruangan Sidang ke-79 Majelis Umum PBB, di New York, Amerika Serikat, saat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hendak berpidato pada Jumat (27/9/2024). 

Forum tersebut riuh dengan banyaknya delegasi dari berbagai negara yang walkout. Menurut Kementerian Luar Negeri RI, sejumlah negara yang walkout merupakan negara anggota Organisasi Kerjasama Islam, Liga Arab, dan Gerakan Non Blok antara lain Kuwait, Iran, Pakistan, Malaysia, dan Kuba.

Tema untuk debat umum pada sesi ke-79 Majelis Umum PBB kali ini ialah "Tidak meninggalkan seorang pun: bertindak bersama untuk memajukan perdamaian, pembangunan berkelanjutan, dan martabat manusia bagi generasi sekarang dan mendatang”.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Negara Non-Blok mengenai Palestina di New York, dilanjutkan Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Situasi di Gaza dan Implementasi Solusi Dua Negara (26/9/2024). Menlu ajak negara Non-Blok dan negara lain gunakan pengaruhnya untuk dorong pengakuan Negara Palestina.

Retno menegaskan pentingnya dua langkah utama: meningkatkan jumlah negara yang mengakui Palestina dan mendorong implementasi efektif Resolusi PBB ES-10/24, yang mendesak Israel untuk menghentikan kehadiran ilegalnya di Wilayah Pendudukan Palestina.

Retno menyampaikan bahwa pengakuan terhadap Palestina sangatlah penting. Ini adalah simbol harapan bagi rakyat Palestina, langkah krusial menuju Solusi Dua Negara, dan tekanan politik bagi Israel untuk menghentikan kekejamannya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Ana Noviani
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper