Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Kunjungi Kota Kelahiran Putin di Rusia, Ini Agendanya

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dipastikan melakukan kunjungan ke luar Negeri menuju St. Petersburg, Rusia.
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri berpidato dalam Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024). Dok PDIP
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri berpidato dalam Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024). Dok PDIP

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menuju Saint Petersburg, Rusia untuk melakukan suatu kunjungan.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa terdapat sejumlah kegiatan dari putri Proklamator RI Soekarno itu di kota kelahiran Presiden Rusia Vladimir Putin itu.

Hasto mengatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah bersama Rokhmin Dahuri, akan ikut mendampingi Megawati. Turut juga Anggota DPR RI Herman Herry. 

Hasto menyebutkan Megawati akan mengikuti sejumlah pertemuan dan menyampaikan kuliah umum. Sehari setelah tiba, Megawati dijadwal akan melakukan agenda di kampus St. Petersburg State University.

"Megawati akan menggelar pertemuan dan ramah tamah dengan Rektor Universitas St. Petersburg Prof. Nikolay Kropachev, lalu menyampaikan kuliah umum di kampus tersebut," katanya

Hari berikutnya, Hasto menyebutkan Presiden Kelima RI itu akan menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St. Petersburg di Balai Kota.

Lalu, Megawati akan memberi Keynote Speech di Forum Rektor Universitas se-Rusia, dilanjutkan peletakan bunga di Piskarevsky Memorial Cemetery, yang merupakan kenangan atas peristiwa Pengepungan Leningrad.

Hasto mengatakan Rusia dan Indonesia memiliki sejarah panjang. Bahkan banyak peran Presiden Pertama RI Soekarno yang terkait Islam.

"Seperti pemulihan Masjid Biru di St.Petersburg dan penemuan makam Imam Besar Al Bukhori, di Samarkand, Uzbeskistan, yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Presiden Putin juga memiliki kedekatan dengan Ibu Megawati saat menjabat sebagai Presiden RI," katanya.

Hasto mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin menganugerahkan Bintang Persahabatan kepada Megawati Soekarnoputri atas jasa-jasanya mempererat persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia.

Penghargaan Bintang Persahabatan diserahkan Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mewakili pemerintah Rusia di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar pada 2 Juni 2021 lalu.

Sebagai kilas balik, Megawati saat menjabat Presiden RI bertemu dengan Presiden Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada 21 April 2003. Ini merupakan pertemuan kedua mereka. Sebelumnya, Putin bertemu Megawati di Shanghai, China, dalam agenda KTT APEC pada 19 Oktober 2001.

Hasto melanjutkan usai dari Rusia, Megawati akan melanjutkan perjalanan ke Uzbekistan untuk ziarah ke makam Imam Besar Al Bukhori di Samarkand, dan menerima gelar doktor kehormatan.

"Rencananya penganugerahan gelar doktor kehormatan (Dr.H.C.) dari Silk Road University, Samarkand, pada Sabtu, (21/9/2024)," pungkas Hasto.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper