Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anindya Bakrie Jadi Ketum Kadin, Nasib Arsjad Rasjid di Tangan Jokowi

Nasib kepengurusan Anindya Bakrie dan Arsjad Rasjid berada di tangan Jokowi.
Ketua Umum Kadin versi Munaslub 2024 Anindya Bakrie melakukan pertemuan dengan Menkumham Supratman Andi Agtas di Menara Kadin, Jakarta, Minggu (15/9/2024) - Bisnis/Pernita Hestin Untari.
Ketua Umum Kadin versi Munaslub 2024 Anindya Bakrie melakukan pertemuan dengan Menkumham Supratman Andi Agtas di Menara Kadin, Jakarta, Minggu (15/9/2024) - Bisnis/Pernita Hestin Untari.

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia alias Menkumham Supratman Andi Agtas memastikan bahwa Keputusan Presiden alias Keppres terkait pengesahan pengurusan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) versi Anindya Bakrie segera dikirim ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Supratman menuturkan bahwa draf Keppres tersebut akan dikirimkan kepada Jokowi setelah proses harmonisasi di internal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia alias Kemenkumham selesai. Dia menegaskan bahwa semua keputusan ada di tangan presiden. 

“Kalau bisa secepatnya [terkait aturan], kenapa harus berlama-lama,” kata Supratman, Minggu (15/9/2024). 

Adapun Supratman telah mengucapkan selamat kepada Anindya Bakrie. Dia juga menekankan bahwa sebagai pihak pemerintah, dirinya melihat hal tersebut merupakan persoalan internal Kadin Indonesia.

Menurutnya, persoalan itu telah diselesaikan lewat dengan keputusan Munaslub yang ada dengan Anindya Bakrie terpilih sebagai ketua umum Kadin yang baru.

“Intinya pemerintah pada prinsipnya sekali lagi, kami ikut sesuai dengan aturan, dan ini menjadi kehendak bagi seluruh mayoritas pengurus Kadin daerah, provinsi, dan pemerintah dalam hal ini tentu akan ikut dengan keputusan yang dihasilkan oleh teman-teman di Kadin,” ungkap Supratman. 

Hanya Satu Kadin

Sebelumnya, Anindya Bakrie menyebut bahwa pengangkatan dirinya sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia dalam Munaslub pada 14 September 2024 merupakan inisiatif dari Kadin daerah dan asosiasi. 

“Jadi merekalah yang membuat panitia untuk menentukan kuorum, jalannya persidangan, dan hasilnya. Sesuai dengan AD/ART. Dan kemarin sudah berjalan,” kata Anindya usai acara Saresahan bersama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas di Menara Kadin pada Minggu (15/9/2024). 

Anindya menegaskan bahwa Munaslub yang dilakukan tersebut sesuai dengan AD/ART dan dirinya mendapat amanah menjadi Ketua Umum Kadin 2024–2029. 

“Tidak ada dua Kadin dari dulu dan sekarang. Dan tentunya ke depannya. Karena Kadin adalah satu-satunya wadah dunia usaha di dalam undang-undang,” katanya.

Anindya mengatakan, sejalan dengan Pemerintahan baru pada Oktober mendatang, Kadin memikirkan bagaimana dapat menyukseskan program serta melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin. Dia berharap pemerintahan baru yang dipimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming bisa sukses mencapai target Anggaran Pemerintah dan Belanja Negara (APBN) bahkan lebih. 

“Jadi itulah fokus kami, sehingga kehadiran beliau yang saya sangat berterima kasih di hari minggu, liburan panjang, ini menjadi suatu angin segar, dan ingat bahwa Kadin itu dua hal. Pertama, bukan saja wadah dunia usaha, tapi juga mitra strategis pemerintah,” katanya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper