Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA: Geger Materai Tempel sebelum 6 September Tidak Valid, Pelamar CPNS Auto Gagal

Viral di media sosial sebuah informasi yang menyebutkan jika materai tempel berlaku setelah tanggal 6 September 2024.
e-Meterai
e-Meterai

Bisnis.com, JAKARTA - Viral di media sosial sebuah informasi yang menyebutkan jika materai tempel berlaku setelah tanggal 6 September 2024.

Sebagaimana diketahui, BKN sempat mengundur pendaftaran CPNS 2024 dari yang semula 6 September 2024 menjadi 10 September 2024.

Informasi ini diumumkan secara resmi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Kamis 5 September 2024.

"Proses pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di portal SSCASN yang sebelumnya dijadwalkan berakhir pada 06 September sesuai dengan Surat Kepala BKN 5419/BKS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024, akan diperpanjang hingga tanggal 10 September 2024 Pukul 23.59 WIB," bunyi pengumuman BKN.

Penyesuaian jadwal pendaftaran ini bertujuan untuk mengakomodir para pelamar yang belum berhasil menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal.

Kendala teknis seperti pembelian dan pemanfaatan materai eletronik atau e-meterai yang mengalami gangguan sehingga menghambat proses penyelesaian pendaftaran di portal, menjadi faktor utama penyesuaian jadwal dilakukan.

Kemudian, BKN juga memberi kelonggaran jika pendaftar CPNS 2024 bisa menggunakan materai tempel.

Viral materai tempat sebelum 6 September 2024 tidak berlaku

Mengacu pada alasan tersebut, muncul informasi yang mengatakan jika materai tempel yang dibeli sebelum tanggal 6 September 2024 tidak berlaku.

Pendaftar CPNS 2024 yang menggunakan materai tempel sebelum tanggal 6 September akan dinyatakan gagal seleksi administrasi.

CEK FAKTA

Namun setelah Bisnis melakukan kroscek, kabar tersebut tidak benar. BKN bahkan telah melabeli informasi tersebut sebagai hoaks.

"Waspada terhadap adanya penyalahgunaan informasi a.n template postingan dan logo BKN. Penulisan tanggal di materai atau e-meterai merujuk pada PENGUMUMAN INSTANSI," tulis BKN di Instagram resminya.

Cara cek e-Meterai valid atau tidak...

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper