Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gali Potensi Kerja Sama, RI Siapkan Acara Pendukung IAF 2024

Indonesia menggelar beberapa acara pendukung menjelang IAF ke-2 2024 untuk menjalin potensi kerja sama
Indonesia - Africa Forum /kemlu.go.id
Indonesia - Africa Forum /kemlu.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia menyiapkan sejumlah acara pendukung atau side event jelang Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 di Bali pada 1– 3 September 2024. Langkah ini dilakukan guna menggali potensi kerja sama di bidang ekonomi.

Acara pendukung itu, antara lain Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF), Country Specific Business Forum, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Penambangan Artisanal Indonesia dan Kenya, serta MoU antara EMP dan GUMA. 

Selain itu, terdapat pertemuan Konsul Kehormatan Indonesia di Kawasan Afrika, diskusi panel oleh Tony Blair Institute, serta penandatanganan beberapa MoU dengan total nilai yang diperkirakan mencapai US$ 3,5 miliar.

Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Dewi Justicia Meidiwaty, menyatakan kegiatan ini akan menjadi kesempatan untuk memperluas jejaring, mengadakan diskusi konstruktif, serta mengeksplorasi potensi kerja sama, khususnya di bidang ekonomi.

“Forum ini juga akan dimanfaatkan untuk bertukar pengalaman dan praktik terbaik, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam, kerja sama ekonomi bilateral dan regional, serta penguatan kapasitas sumber daya manusia,” ujarnya dikutip Sabtu (31/8/2024).

IAF ke-2 yang mengusung tema Bandung Spirit for Africa’s Agenda 2063 ini akan mengundang 54 negara Afrika mengeksplorasi potensi kerja sama di berbagai sektor. 

Acara ini akan dilanjutkan dengan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP).

Penyelenggaraan IAF 2024 merupakan lanjutan dari kesuksesan IAF pertama yang diadakan pada 2018. 

Forum ini bertujuan untuk mewujudkan Bandung Spirit yang digagas para pendiri bangsa, dengan fokus pada kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Forum IAF ke-2 di Bali ini akan fokus pada empat sektor prioritas, yaitu ketahanan pangan, ketahanan energi, ketahanan kesehatan, dan ketahanan mineral.

“Kami mengundang seluruh pihak untuk berpartisipasi dalam IAF ke-2 dan bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia dan Afrika,” ucap Meidiwaty.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper