Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIM Buyar di Tangsel, Demokrat Gabung Golkar & PDIP Dukung Benyamin-Pilar

Partai Demokrat bergabung dengan Golkar dan PDI Perjuangan (PDIP) untuk mendukung pasangan Benyamin Devnie dan Pilar Saga Ichsan.
Marshel Widianto (kanan) diusung partai Gerindra menjadi bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) / Bisnis - Sholahudin Al Ayyubi
Marshel Widianto (kanan) diusung partai Gerindra menjadi bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) / Bisnis - Sholahudin Al Ayyubi

Bisnis.com, JAKARTA -- Partai Demokrat bergabung dengan Golkar dan PDI Perjuangan (PDIP) untuk mendukung pasangan Benyamin Devnie dan Pilar Saga Ichsan dalam pemilihan Wali Kota Tangerang Selatan alias Tangsel.

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani menuturkan bahwa Demokrat memutuskan mengusung Benyamin-Pilar  karena bakal calon wali kota Tangsel, A Riza Patria mengundurkan diri.

"Oleh karena itu terjadi peralihan dukungan di Pilkada Tangsel dari Riza - Marsel menjadi Benyamin - Pilar. Ini dinamika yang lazim terjadi pada Pilkada, sering perubahan dan pergeseran itu terjadi dimenit-menit terakhir," ujar Kamhar, Rabu (28/8/2024).

Kamhar juga menegaskan bahwa berilihnya dukungan kepada Benjamin-Pilar mengakomodir pemilih Demokrat di Tangerang Selatan. "Jika kemudian saat ini dukungan diberikan pada pasangan Benyamin-Pilar, sesungguhnya ini balik ke opsi awal," jelasnya. 

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat resmi memberikan rekomendasi kepada pasangan Riza-Marshel. Surat rekomendasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2024).

AHY mengatakan partainya telah memutuskan sejumlah pasangan calon kepala daerah yang bakal ikut kontestasi pada tahun ini dengan kans kemenangan yang besar.

“Kami yakin pasangan yang kami usung ini memiliki kans kemenangan yang baik berdasarkan hasil survei dan faktor politik kemenangan yang baik,” kata AHY.

Menurut AHY, partainya telah mempertimbangkan hasil survei, dinamika politik serta peta politik koalisi di sejumlah daerah.

“Komposisinya akan sangat beragam dan dinamis termasuk partai-partai politik lainnya,” kata dia.

Rekomendasi Partai Demokrat menambah kuat dukungan terhadap pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto di Pilwalkot Tangsel 2024. Sebelumnya ada sederet partai yang telah memberikan dukungan.

Partai Gerindra merupakan pengusung utama Ariza-Marshel. Ahmad Riza Patria, yang karib disapa Ariza, merupakan kader Partai Gerindra yang sempat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta periode April 2020–Oktober 2022. Selain itu, Ariza juga menjabat sebagai anggota DPR periode 2014–2019 dan 2019–2024. 

Sementara itu, Marshel Widianto, yang merupakan seorang komika atau stand up comedian yang mengawali kariernya di industri hiburan Tanah Air lewat kompetisi lawak, juga ditunjuk oleh Partai Gerindra untuk mendampingi Ariza.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper