Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balik Arah Golkar Dukung Airin–Ade, Bahlil Klaim Prabowo Bilang Begini

Bahlil menyebut Presiden terpilih Prabowo Subianto menyerahkan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menentukan sikap politik masing-masing.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia saat acara serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/8/2024). JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia saat acara serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/8/2024). JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyebut Presiden terpilih Prabowo Subianto menyerahkan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menentukan sikap politik masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh Bahlil usai mendeklarasikan dukungan ke kadernya, Airin Rachmi Diany yang berpasangan dengan Ade Sumardi dari PDI Perjuangan (PDIP) untuk maju di Pilkada Banten 2024, Selasa (27/8/2024).

Padahal, sebelumnya Golkar telah memberikan rekomendasi ke bakal pasangan calon yang dijagokan KIM di Banten, yakni Andra Soni–Dimyati Natakusumah.

Dalam sambutannya, Bahlil mengatakan bahwa KIM yang mengusung Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming pada Pilptes 2024 sangat kompak. Hal itu kendati kini sejumlah partai politik KIM mengambil pilihan berbeda di sejumlah daerah untuk Pilkada.

"Pak Prabowo dalam beberapa kesempatan menyampaikan, menyerahkan semuanya kepada partai-partai koalisi untuk menentukan sikap politiknya sekalipun tidak kita berbeda. Sekalipun kita berbeda pilihan dalam pilkada," katanya di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil mengatakan bahwa pasangan Airin–Ade adalah satu bentuk bukti otentik bahwa perbedaan dalam politik itu diperbolehkan.

Seperti diketahui, PDIP saat ini merupakan partai yang berseberangan dengan KIM. Di sejumlah daerah, pasangan yang diusung KIM berbeda dengan yang dijagokan PDIP. Misalnya, di Pilkada Jakarta, gabungan partai politik KIM dan partai-partai lain seperti Nasdem, PKB dan PKS kompak mengusung bakal pasangan calon Ridwan Kamil–Suswono.

Hanya PDIP yang tidak tergabung dalam koalisi tersebut, meski belum mengumumkan bakal calonnya sendiri. Adapun Bahlil menyampaikan, langkah untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Airin–Ade pada tahap-tahap akhir merupakan strategi partai.

Dia menyebut Golkar telah mengumumkan bakal calon kepala daerah yang diusung untuk 37 provinsi serta 514 kabupaten/kota, dan Banten menjadi daerah terakhir yang diumumkan.

Bahlil, yang baru dipilih secara aklamasi sebagai ketua umum pada pekan lalu, mengaku bahwa keputusan untuk mendukung Airin–Ade melalui lobi-lobi dan tarik-menarik politik.

Apalagi, partainya sebelumnya telah memberikan surat rekomendasi atau form B1.KWK kepada bakal pasangan calon dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Andra Soni–Dimyati Natakusumah.

"Bahwa hari ini Partai Golkar menyerahkan B1.KWK kepada pasangan calon gubernur Provinsi Banten. Yaitu Ibu Airin dari Partai Golkar dan pasangannya wakil gubernur yaitu Pak Ade Sumardi. Semoga calon ini akan membawa perubahan besar bagi pembangunan Provinsi Banten," tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper